Kanal

Begini Cara Membungkam Celotehan Anggota Grup WhatsApp

Ilustrasi fitur pembungkam obrolan grup di WhatsApp - KOMPAS.COM

POS-KUPANG.COM - Obrolan grup WhatsApp yang kerap melebar, kini mulai bisa dikontrol. Pasalnya, admin grup WhatsApp sudah bisa membatasi percakapan yang menjejali jendela obrolan melalui fitur anyar WhatsApp.

Caranya adalah melalui opsi baru bernama "Only Admins" di dalam menu "Send Message" di setting aplikasi.

Baca: Beri Selamat, AHY Sampaikan Pesan SBY kepada Khofifah-Emil

Dengan mengaktifkan opsi ini, hanya anggota yang terdaftar sebagai administrator saja yang bisa mengirim pesan ke sebuah grup. Kehadiran fitur baru untuk "membungkam" celotehan para anggota grup tersebut diharapkan bisa memuluskan penggunaan grup untuk keperluan tertentu, misalnya memberikan pengumuman penting yang bersifat satu arah.

Karena hanya admin yang dibolehkan menulis pesan, pengumuman pun tak tenggelam di balik obrolan para anggota.

"Salah satu skenario penggunaan grup adalah untuk menerima informasi penting, termasuk bagi para orang tua dan guru di sekolah, pusat komunitas, dan organisasi non-profit. Kami memperkenalkan setting baru untuk memudahkan para admin dalam kasus seperti itu," tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.

Cara membungkam anggota grup WhatsApp Pembaruan terkait obrolan grup ini telah tersedia di WhatsApp iOS versi 2.18.70 dan Android versi 2.18.201.

Untuk melakukan penyetelan, admin grup bisa membuka "Group Info" (info grup) lalu pilih "Group Setting" dan pilih opsi "Send Message". Admin bisa memilih antara dua opsi yang tersedia yakni "All Participant" (semua anggota grup) atau "Only Admins" (hanya admin).

Jika opsi "hanya admin" yang dipilih, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa admin telah mengganti setelan grup sehingga hanya mengizinkan admin untuk mengirim pesan.

Sementara di jendela anggota lain, kolom ketik pesan akan hilang, diganti dengan pemberitahuan bahwa "hanya admin yang bisa mengirim pesan".

Anggota lain bisa mengecek siapa saja admin yang diizinkan untuk mengirimkan pesan dengan mengetuk tulisan "admin" berwarna hijau. Admin bisa mengembalikan lagi setting "Send Message" seperti sedia kala apabila diinginkan.

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog WhatsApp, Minggu (1/7/2018), admin juga bisa melakukan batasan yang sama untuk mengubah info grup.

Melalui opsi "Edit group info", admin bisa memilih semua anggota atau hanya admin saja yang bisa mengubah subjek, deskripsi, dan ikon profil grup. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer