Kanal

TPS yang Harus Coblos Ulang Bertambah dari 24 Menjadi 27 dengan Berbagai Alasan

Maryanti Luturmas Adoe dan Jemris Fointuna - Kolase Pos-Kupang.com

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Bawaslu NTT menyebut  27 TPS di berbagai daerah di NTT akan melakukan pencoblosan atau Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Pos-Kupang.com, Jumat (29/6/2018), sesuai laporan dari panwas kabupaten/kota se-NTT.

Baca: Meski Ditahan KPK, Pakar Hukum Tata Negara Minta Mendagri Harus Tetap Lantik Bupati Tulungagung

 Ke-27 TPS ini tersebar di tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Alor, Sumba Barat Daya (SBD), Kabupaten Kupang, Belu, TTS, Malaka dan Rote Ndao.

Menurut Jemris, sampai saat ini terdapat 27 TPS yang tersebar di tujuh Kabupaten di Provinsi NTT akan melaksanakan PSU. Semua TPS itu telah mendapat rekomendasi dari Panwas kecamatan dan Panwas kabupaten kepada KPU di tujuh kabupaten itu melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Dari 27 TPS ini, semuanya sudah ada rekomendasi PSU dari Panwascam/Panwaskab kepada KPU kabupaten untuk melaksanakan PSU dan ada KPU juga yang sudah lakukan PSU," kata Jemris.

Baca: KPU Siap Tindaklanjuti Rekomendasi Panwaslu Pemungutan Suara Ulang di Tiga Kecamatan

Dijelaskan, rekomendasi dari Panwas ke KPU itu dengan alasan bahwa di TPS ditemukan ada KPPS yang menyerahkan surat suara untuk dicoblos oleh pemilih dari luar domisili tanpa membawa format A5 dari TPS pemilih yang bersangkutan.

"Ada juga pemilih yang coblos lebih dari satu kali dan juga ada pelanggaran lain, katanya.

Dia merincikan, di Kabupaten Alor ada tiga TPS yang melakukan PSU, yakni TPS 1 Desa Lamma, Kecamatan Pantar Barat, TPS 2 di Desa Kelesi, Kecamatan Pureman, dan di TPS 4, Kelurahan Welai Timur, Kecamatan Teluk Mutiara.

Untuk Kabupaten Malaka hanya satu TPS, yakni di TPS 2, Desa Besikama, Kecamatan Malaka Barat.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer