Kanal

STKIP Santu Paulus Ruteng Gelar Bimbingan Karier bagi Mahasiswa Semester VIII

Mahasiswa semester VIII STKIP Santu Paulus Ruteng sedang mengikuti bimbingan karier di Aula Misio Ruteng, Sabtu (9/6//2018). - ISTIMEWA

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Perkebangan dunia yang semakin pesat dari segi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat mengharuskan setiap komponen masyarakat untuk berpacu meningkatkan kompetensi sehingga mampu menjawab tantanngan zaman.

Begitu juga dengan lembaga pendidikan sebagai pencetak generasi penerus bangsa mempunyai tanggung jawab yang penuh dan terarah agar mahasiswa mengenal dan mengembangkan potensi diri.

Baca: Alumni SMAN 3 Kupang Bagikan Paket Sembako ke Warga Kelurahan Kolhua

Termasuk di dalamnya kemampuan untuk mempersiapkan diri masuk dalam dunia kerja.

Demikian halnya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, STKIP Ruteng mempunyai tanggung jawab penuh kepada mahasiswanya untuk mengenalkan dunia kerja, mengenalkan peluang usaha, dan manajemen usaha.

“Sebagaimana mahasiswa saat masuk STKIP melalui kegiatan orientasi, mahasiswa baru diperkenalkan tentang kehidupan kampus. Begitupun saat mahasiwa sebelum tamat, kampus mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkan dunia kerja, mengenalkan peluang dan tantangan, mengenalkan manajemen usaha dan mengambil keputusan yang tepat dan benar.”

Baca: Genjot Kunjungan Wisatawan, Kementerian Pariwisata Tata Sejumlah Kawasan di Labuan Bajo

Hal itu dikatakan oleh PUKET III Dr. RD. Inosensius Sutam saat memberikan laporan kegiatan di hadapan mahasiswa semester VIII dan pemateri, Sabtu (9/5/2018).

“Hal-hal itu akan diperoleh mahasiswa melalui pembekalan dan syering dari para pemateri yang sudah lama berkecimpung dalam dunia usaha, seperti LSM, bank, koperasi, jurnalistik, dan usaha swasta lainnya yang telah dihadirkan oleh kampus melalui Pembatu Ketua III STKIP Santu Paulus Ruteng," kata RD. Dr. Inosensius Sutam, yang biasa disapa Romo Ino.

Dosen STKIP Santu Paulus Ruteng, RD. Dr. Ino Sutam, Pr sedang memberikan materi bimbingan karier bagi mahasiswa semester VIII, Sabtu (9/6/2018). (ISTIMEWA)

Lebih lanjut Romo Ino mengatakan, tahun akademik 2017/2018 adalah angkatan pertama yang mendapat bimbingan karier kepada mahasiswa semester VIII, dan setelah pembekalan (syering) peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan kunjungan ke perusahaan atau tempat usaha dari para pemateri selama sehari.

Baca: Menteri Pariwisata Sebut Tenun Ikat NTT Terbaik di Indonesia

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Misio kampus tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua STKIP Santu Paulus Ruteng RD. Dr. Yohanes Servatius Lon, MA.

Menurut Dr. RD. Yohanes Servatius Lon, MA, yang biasa disapa Romo John, “Saat ini dunia kerja diwarnai oleh persaingan, jumlah lapangan kerja yang hendak dimasuki oleh tamatan perguruan tinggi sangat berkurang terutama bagi guru. Hanya mereka yang unggul dan mampu bersaing yang mudah mendapat perkerjaan di bidangnya. Oleh karena itu, para pencari kerja harus kreatif dan proaktif menciptakan lapangan kerja yang cocok baginya.”

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer