Kanal

Analisa Muhammad Heychael Soal Tribunnews; Tendensius, Kasar, dan Tidak Fair

Densus 88 mengepung teroris di sebuah rumah di Kampung Batu Rengat, Desa Cigondewah Hilir Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (8/5/2013). - KOMPAS.COM

POS-KUPANG.COM | PALMERAH --Tanggapan atas tulisan Muhammad Heychael di Remotivi, berjudul Bagaimana Tribunnews membantu Terorisme?

1. Dilihat dari judulnya saja, sang penulis sudah melakukan judgment, melakukan tuduhan serius , dan sama sekali tidak bersikap fair.

Menuduh sebuah institusi pers membantu terorisme sama saja dengan sikap kelompok orang yang menuduh polisi melakukan rekayasa terkait aksi terorisme.

Apalagi tuduhan serius itu tidak disertai konfirmasi dan klarifikasi terhadap Tribunnews.com sebagai institusi pers yang mempunyai alamat kantor dan susunan redaksi yang jelas.

Tribunnews.com merupakan lembaga yang telah menjalani verifikasi oleh Dewan Pers. Tampak bahwa penulis tidak mempunyai itikad baik dan tendensius.

2. Dalam tulisan, sang penulis menggunakan istilah yang kasar dan tidak berdasar, yaitu ‘tuyulnya Kompas Gramedia’.

 
Tuyul dalam pengertian sehari-hari adalah mahkluk gaib yang sengaja diperlihara oleh seseorang untuk mencuri uang.

 
Penggunaan istilah itu masuk kategori penghinaaan dan atau mencemarkan nama baik, yang mempunyai risiko hukum.

Tribunnews.com sama sekali tidak mencuri apapun, termasuk mencuri klik (uang) seperti dituduhkan oleh penulis.

3. Tidak ada hubungan antara jumlah artikel dengan kualitas pemberitaan seperti tercantum di aline ke-9. Dari kalimat yang muncul di alinea tersebut tampak penulis berspekulasi berdasarkan pemberitaan media tertentu.

Halaman
123
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Tribunnews

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer