Kanal

Viral di Medsos, Yamaha RX King 1997 Dibandrol Rp 300 Juta

Salah satu Yamaha RX King - KOMPAS.COM

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Salah satu Yamaha RX-King 1997 tengah viral di media sosial (Medsos). Pasalnya, pemilik membandrol motornya itu seharga Rp 300 juta.

Standar harga motor bekas yang lawas seperti King memang sulit diukur. Sepanjang pembeli tak keberatan, penjual bebas menentukan harga sesuai keinginannya. Apalagi, belakangan ini King tengah menjadi buruan bagi mereka yang hobi motor.

Baca: Motor Buatan Indonesia Makin Laris di Luar Negeri, Ini yang Paling Signifikan

Pascadistop produksinya pada 2005, King justru menjadi primadona di kalangan penggemar motor lawas.

Andreas, pemilik diler motor bekas Pelangi Motor di Jatinegara, Jakarta Timur, menilai ada beberapa faktor yang membuat harga King mahal, seperti peminat yang banyak, terutama dari para anggota komunitas.

Baca: Pelaku Persetubuhan Anak Nyaris Diamuk Massa, Beruntung Cepat Lakukan Ini

Selain itu, status King yang sudah stop produksi membuat keberadaannya langka. Adapun faktor terakhir adalah keaslian bentuk. Jika tidak dimodifikasi, harga King bisa semakin tinggi.

Meski demikian, sepanjang berkecimpung dalam jual beli King, Andreas belum pernah menjual hingga mencapai ratusan juta rupiah. Harga termahal yang pernah dilepasnya hanya di angka Rp 17 juta. King yang dijual adalah lansiran tahun 2002.

Baca: PSI NTT Menerima Bacaleg tanpa Mahar, Tapi Harus Ikuti Tiga Tahapan Seleksi Ini

"Kalau saya jual, untung sedikit langsung saya lepas. Kalau orang lain ambil untung banyak mungkin," ujar Andreas, Jumat (6/4/2018).

Pengakuan yang sama juga dilontarkan Boy Fajar, pemilik diler motor bekas Asia Mandiri Bersama di Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut Boy, harga termahal yang pernah dilepasnya masih di angka Rp 25 juta.

Pada kasus King yang dibanderol Rp 300 juta, pemilik mengaku motornya belum pernah digunakan sejak pertama kali dibeli. Dalam arti, motor hanya jadi pajangan hampir 22 tahun terakhir.

Untuk kondisi seperti itu, Boy mengaku punya King lansiran 2003 dengan kondisi nyaris sama. Motor dalam kondisi pajak hidup, bentuknya masih sesuai standar pabrik, dan jarak tempuh baru 4.000 kilometer. Untuk motornya ini, Boy membanderolnya di angka Rp 30 juta.

"Kondisi 99 persen masih seperti dari diler 15 tahun lalu. Cuma jadi pajangan di kamar. Kalau ada yang mau saya lepas Rp 30 juta, enggak usah sampai Rp 300 juta," ujar Boy. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer