Kanal

Keluarga Asal Australia Menikmati Kehidupan di Sebuah Gua Turki yang Bersejarah, Lihat Foto-fotonya

Yvette Koc dengan suami Senol dan dua anak perempuan tinggal di gua batu di Turki. - TheAge.com.au

POS-KUPANG.COM - Di Turki tengah, kota Goreme berada dalam lingkungan yang sering digambarkan sebagai "bulan" atau "dunia lain".

Ini adalah lanskap batu vulkanik yang telah terkikis selama bertahun-tahun menjadi perbukitan dramatis, tebing, dan menara menjulang yang terkenal sebagai "cerobong peri".

Karena batu itu cukup lunak, orang-orang di sini telah mengukir tempat perlindungan gua ke bukit dan di bawah tanah selama berabad-abad. Gua-gua ini masih merupakan bagian penting dari kehidupan desa saat ini.

Yvette Koc dengan suami Senol dan dua anak perempuan (TheAge.com.au)

Banyak hal dari gua ini yang bahkan telah dimasukkan ke dalam rumah modern, seperti rumah milik Yvette Koc di Perth, Australia Barat.

Baca: 8 Deretan Potret Rumah Ivan Gunawan, Minimalis dan Elegan Banget

Dilansir Pos-Kupang.com dari TheAge.com.au, rumah Goreme lima lantai milik Koc, di mana ia hidup bersama dengan suaminya Senol dan dua anak perempuan, termasuk dua tingkat gua tua - satu tingkat digali ke sisi bukit dan satu di bawah tanah.\

"Kami tahu dari tetua desa dan penelitian kami sendiri bahwa gua kami pasti digunakan hingga 400 tahun yang lalu, dan kemungkinan besar sebelum itu," katanya.

Sebuah kamar di dalam Vista Cave Hotel (TheAge.com.au)

Sudut dan celah yang diukir di batu oleh penduduk terdahulu melukiskan kehidupan Goreme tradisional: ada warung makan untuk berbagai ukuran binatang;  “Tandir” lubang api untuk memasak; dan ceruk untuk memegang alat tenun di tempat sementara menenun karpet dan kilims.

Ketika lantai yang lebih baru dibangun di atas gua, keluarga memastikan bahwa mereka cocok dengan gaya arsitektur tradisional daerah tersebut, menggunakan batu daur ulang dari bangunan tua Usmani.

Koc baru-baru ini memutuskan untuk berbagi pesona properti dengan khalayak yang lebih luas dengan mengubah rumahnya menjadi hotel butik, Vista Cave Hotel, memberikan para tamu kesempatan untuk tidur di ruang gua dan merasakan hari-hari berlalu.

Pemandangan dari hotel gua. (TheAge.com.au)

Halaman
123
Penulis: Agustinus Sape

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer