Kanal

Pulau Terindah di Dunia, Masyarakat Sumba jangan Jadi Penonton

Pulau Sumba - ISTIMEWA

POS KUPANG.COM- Kabar gembira datang dari Jerman. Majalah Focus yang terbit mingguan di negara tersebut menyebut Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu dari 33 pulau terindah dunia saat ini.

Kabar ini tentu membuat kita bangga. Betapa tidak, pulau yang berbatasan dengan Pulau Sumbawa di NTB dan Benua Australia di selatan selama ini dikenal sebagai pulau padang sabana yang gersang, terutama pada musim kemarau.

Pulau ini juga dikenal sebagai daerah terpencil dan miskin sebagaimana wilayah NTT pada umumnya. Selain bertani, mereka juga dikenal sebagai peternak.

Namun hasil usaha mereka belum memberikan mereka kesejahteraan lahir batin. Masyarakat di pulau ini masih dekat dengan kemiskinan. Sudah menjadi hal biasa setiap tahun, sebagian petani di pulau ini harus mencari ubi hutan pada musim kemarau karena terbatasnya hasil stok pangan mereka.

Namun, di tengah kabar buruk tersebut ternyata Pulau Sumba menyimpan potensi wisata yang mengagumkan dunia. Pada tahun 2016 dan 2017, Hotel Nihiwatu di Pantai Nihiwatu Sumba Barat terpilih sebagai hotel terbaik dunia menurut majalah wisata Travel + Leisure. Dan, yang terbaru, pulau ini dinobatkan sebagai salah pulau terindah di dunia menurut majalah Focus yang terbit di Jerman.

Pulau ini memang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Di sana ada Danau Weekuri, sebagai danau asin satu-satunya yang ada di Indonesia. Danau ini memiliki air bening kehijauan.

Masyarakat di pulau ini juga memiliki atraksi budaya yang unik yakni pasola. Ada perkambungan megalitik dengan tradisi penguburan warganya yang unik. Mereka memiliki kepercayaan asli yang disebut Marapu.Tenun asli Sumba juga sudah dikenal sampai di mancanegara.

Hamparan sabana yang mendominasi pulau ini membuatnya dijuluki sebagai pulau yang berubah warna. Pada bulan Maret pemandangan di seluruh pulau itu tampak hijau, tetapi mamasuki bulan Juli pemandangan tampak kecoklatan karena rumput padang yang mengering.

Sumba sebagaimana disebut di atas ternyata menjadi daya tarik yang luar biasa di mata dunia, terutama para pelancong yang ingin menikmati suasana yang beda dengan tempat asalnya.Kini Pulau Sumba banyak didatangi artis papan atas sekadar bersenang-senang, tetapi juga lokasi syuting sejumlah film.

Warga Sumba khususnya dan warga NTT umumnya patut berbangga atas berbagai predikat yang disematkan pada Pulau Sumba. Ternyata keterpencilan Pulau Sumba selama ini telah menjadi berkat bagi dunia dan bagi masyarakatnya.

Namun, berbangga saja tidak cukup. Kita perlu terus mengapresiasi berbagai potensi, baik potensi budaya maupun potensi alam pulau ini dengan cara melestarikan dan terus menggali pesan-pesan positif di balik potensi tersebut.

Pemerintah khususnya pemerintah daerah setempat perlu meningkatkan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur seperti jalan raya lebih-lebih ke lokasi wisata. Dengan demikian, para wisatawan dimudahkan mencapai lokasi-lokasi wisata.

Semoga dengan demikian, masyarakat Pulau Sumba tidak sekadar menjadi penonton dari kehadiran wisatawan. Dengan kata lain, masyarakat di pulau ini bisa menikmati manfaat ekonomi.*

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer