Kanal

Ini Makna Merayakan Natal yang Sesungguhnya

- ilustrasi

POS KUPANG.COM - Mulai Minggu (24/12/2017) malam, umat kristiani di seluruh dunia akan merayakan Natal, peringatan kelahiran Yesus Kristus, juru selamat umat manusia.

Natal merupakan hari yang selalu dinantikan. Secara liturgis, umat kristiani diberi waktu khusus kurang lebih sebulan untuk mempersiapkan kelahiran Yesus. Waktu ini disebut Adventus atau masa Penantian.

Secara sosial, banyak sekali kegiatan yang dilakukan kelompok masyarakat untuk menyongsong Natal. Ada yang menggelar bakti sosial, ada pula yang memberikan bingkisan Natal kepada orang-orang yang dikasihi.

Bahkan ada komunitas yang merayakan Natal Bersama jauh sebelum perayaan Natal Yesus Kristus.

Saat ini pun lagu-lagu Natal mulai bergema di mana-mana. Ucapan-ucapan Natal bermunculan di handphone kita, baik melalui SMS, WA maupun media sosial. Kita jadi sibuk menyusun kata-kata indah untuk memberikan ucapan Natal.

Begitu pun di media cetak, elektronik dan online. Iklan-iklan ucapan selamat Natal mulai mengisi halaman-halam koran. Di televisi bermunculan acara dan iklan-iklan bernuansa Natal. Tidak ketinggalan di media online.

Ibu-ibu di rumah makin sibuk menyiapkan aneka kue dan minuman. Kalau tidak sempat dibikin sendiri, tinggal datang ke toko-toko yang menyediakan berbagai jenis kue dengan harga bervariasi.

Apa yang ada di benak kita pada saat sibuk melakukan semua ini? Tentu saja kita hendak memberikan perhatian istimewa kepada hari kelahiran Yesus Kristus, yang oleh umat kristiani diyakini sebagai Tuhan dan juru selamat manusia.

Natal pada dasarnya perayaan kepedulian Allah terhadap umat manusia dan seluruh ciptaanNya. Allah yang bertakhta di surga rela turun ke bumi, ke tengah umat manusia yang penuh dosa dan penderitaan.

Allah melalui Yesus Kristus ingin merasakan apa yang dialami manusia agar dengan demikian Ia bisa menyelamatkan manusia dan boleh menikmati damai sejahtera.

Halaman
12
Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer