Kanal

Kanco Frans Fernando Terus Kembangkan Shoto-Kai ke Berbagai Provinsi

Kanco Sihang Frans Fernando terima plakat penghargaan - istimewa

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Silih berganti perguruan karate lahir di Indonesia. Selanjutnya, dalam perkembangannya dibukalah cabang-cabang di berbagai provinsi dan kabupaten/kota. Itu pula yang dilakukan Perguruan Shotokan Karate-Do Indonesia (Shoto-Kai).

Shoto-Kai terbentuk dengan jatidiri mandiri. Kemudian menyebar ke berbagai pelosok tanah air dan mempunyai pengurus di beberapa provinsi.

Fransiscus Fernando, selaku pendiri dan pemilik perguruan memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan Shoto-Kai. Atas kerja keras dan loyalitas terhadap murid-murid serta mitra kerjanya, perguruan ini telah mengalami perkembangan cukup pesat. Terutama dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Dalam tempo yang terbilang singkat bagi sebuah perguruan itu, Sihang Kanco Frans telah berhasil mengantarkan murid-muridnya meraih berbagai prestasi. Bukan hanya pada level nasional, tapi juga di tingkat internasional. Nama Indonesia dibuat harum ketika seorang muridnya, Gibran Attharik berhasil meraih juara pada Kejuaraan Karate Bonzai Cup Berlin di Jerman tahun lalu.

Di sisi lain, sebagai seorang pimpinan perguruan, dia lebih mengutamakan kesejahteraan para pengurus di setiap daerah. Sebab disadari, mereka inilah ujung tombak berkembangnya perguruan.

Di waktu-waktu tertentu, ia juga mendatangkan pelatih dari Jepang. Yang terakhir adalah Sensei Kawakami, pemegang sabuk hitam Dan 7. Ia datang ke Indonesia dan melatih teknik karate di perguruan Shoto-Kai.

Saat memberi materi, Koki Kawakami menggunakan bahasa Jepang. Alih bahasa dilakukan Rai Wibawa, penyandang sabuk hitam Dan 6. Diskusi antara pelatih dan murid berlangsung dalam pertemuan ini.

Meski umurnya masih muda, perguruan Shoto-Kai telah banyak melakukan hal-hal yang tidak pernah ditempuh perguruan lain. Yaitu membawa murid-muridnya ke negeri Sakura, Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu, mereka dilatih berbagai teknik dalam karate. **

Penulis: Sipri Seko
Sumber: Pos Kupang Cetak

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer