Kanal

Separuh Jalan Menuju Situs Kampung Todo Rusak

Laporan wartawan Pos Kupang, Eugenius Mo'a
POS KUPANG.COM, RUTENG---Separuh ruas jalan pariwisiata menuju ke obyek wisata rumah adat Todo, di Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, kondisi rusak parah.

Pengelola situs kampung tua dan pemerintahan kecamatan mengharapkan pemerintah pusat mengalokasikan kembali dana APBN meneruskan perbaikan ruas ini.

Pantuan Pos Kupang, Selasa siang (19/4/2016) melintasi ruas jalan dari Pela sampai Kampung Todo sepanjang 17 Km, separuhnya tampak rusak.

Aspal dibangun beberapa tahun rusak pada banyak tempat sampai di Todo. Meski separuh jalan dari Pela sampai Wae Lomba tampak licin.

Camat Satarmese Utara, Aloysius Jebarut, mengharapkan pemerintah pusat melanjutkan lagi perbaikan ruas jalan wisata keTodo.

Ruas jalan ini,kata Aloysius, menuju dua lokasi wisata andalan rumat tua di Todo dan Wae Rebo diKecamatan Satarmese Utara, dekat perbatasan dengan Kabupaten Manggarai Barat.

"Belasan kilometer butuh perbaikan. Jalan yang sudah licin sekitar 9 Km dari Pela sampai cabang Ngkaer direhabilitasi tahun 2015 dari dana APBN ditenderkan di Jakarta," kata Aloysius kepada Pos Kupang di Langke Majok, ibukota Kecamatan Satarmese Utara, Selasa siang (19/4/2016).

Menurut Aloysius, ruas jalan ini menjadi akses utama wisatawan asing, domestic menuju obyek wisata Kampung Todo dan Wae Robo. Setiap waktu terutama di musim panas, banyak wisatawan melintasi ruas ini menuju dua obyek wisata. Mereka datang dari Labuan Bajo, Manggarai Barat dan dari Kota Ruteng.

Penjaga Situs Kampung Todo, Titus Jegadut mengharapkan perhatian pemerintah pusat memperbaiki lagi ruas jalan rusak.

"Kami tentu senang kalau ruas jalan ke situs ini semakin bagus, memberikan kenyamanan kepada tamu berkunjung," kata Situs di Kampung Todo. *

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Jahang

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer