Kanal

Pramugari dan Pilot Sulit Kencing di Bandara El Tari

Kabid Pencegahan BNNP NTT, Yosef Gadhi (kedua dari kanan) didampingi Muhammad Sidiq, berdialog dengan kru pesawat saat periksaan urine di Bandara El Tari, Kupang, Selasa (14/7/2015). - POS KUPANG/SIPRI SEKO

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Setelah memeriksa urine sopir angkutan umum di Terminal Oebobo akhir pekan lalu, BNN Provinsi NTT, memeriksa awak angkutan udara. Selama satu hari penuh, pada Selasa (14/7/2015), mulai pukul 05.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita, BNNP NTT memeriksa urine pilot dan pramugari maskapai penerbangan di Bandara El Tari, Kupang.

Saat pemeriksaan pagi hari, beberapa pilot mengaku sulit kencing. Untuk itu mereka butuh 'doping' air mineral agar bisa kencing. Akibatnya, terjadi antrean di kamar mandi di ruang keberangkatan. Namun 'masalah' ini bisa diatasi karena pihak pengelola bandar menggunakan semua toilet di ruang keberangkatan.

Kabid Pencegahan BNNP NTT, Yosef Gadhi didampingi Kasi Advokasi, Muhammad Sidiq, yang ditemui di sela-sela pemeriksaan urine, mengatakan, kegiatan itu merupakan instruksi dari BNN Pusat. "Menjelang idul fitri ini kan arus mudiknya cukup tinggi. Peran para awak angkutan darat, udara dan laut sangat penting. Untuk itu, kita periksa urine mereka agar jangan sampai ada yang menggunakan narkotika untuk mendukung staminanya," kata Yosef Gadhi.

Muhammad Sidiq menambahkan, pilot, pramugari dan awak pesawat lainnya, sangat kooperatif dalam pemeriksaan ini. Menurutnya, BNN hanya menyiapkan alat tes dan lainnya, sedangkan yang mengarahkan para awak adalah PT Angkasa Pura.

"Mereka nampaknya sudah tahu dengan pemeriksaan ini karena di semua bandara ada. Kami berterima kasih karena tanpa paksaan, mereka datang untuk periksa urine. Semua berjalan lancar dan dari hasil tes ini, tidak ada awak yang positif menggunakan narkoba," kata Sidiq.

Kru Lion Air, Rori Fernandes dan Rauf, yang ditemui di sela-sela pemeriksaan, mengaku sudah terbiasa dengan hal ini. "Ini sudah merupakan tugas dan tanggung jawab BNN. Kami tidak bisa protes, karena narkoba merupakan masalah kita bersama yang mesti diberantas," kata Rori.

Rori mengatakan, sejauh pengamatannya, Bandara El Tari masih dibilang relatif aman untuk masalah narkotika. Namun, katanya, pencegahan berupa pemeriksaan rutin seperti ini, perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (eko)

Editor: Sipri Seko
Sumber: Pos Kupang

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer