Kanal

Aneh Tandan Pisang Ini Bercabang

PISANG ANEH--Inilah pohon pisang aneh dengan tandan bercabang dua. Pemandangan langka ini dapat Anda saksikan di Lewoleba, tepatnya di sekitar Rumah Sakit (RS) Bukit, Waikomo. Gambar diabadikan, Rabu (20/5/2015) siang. - POS KUPANG/FRANS KROWIN

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Anda mungkin tak percaya dengan kabar ini. Tapi di Lewoleba, tepatnya di dekat Rumah Sakit (RS) Bukit Lewoleba, ada satu rumpun pohon pisang menampilkan pemandangan yang langka.

Pisang itu ditanam oleh Pater Aloysius Wuring, SVD, dan tandannya bercabang.

Hal langka yang terlihat dari rumpun pisang itu adalah salah satu anakan pisang batangnya bercabang. Anakan pisang itu baru setinggi kurang lebih satu setengah meter dari permukaan tanah. Tapi pada anakan pisang itu terlihat dua batang yang saling menempel satu sama lain.

Anakan pisang itu tumbuh subur karena saban hari disirami secara rutin oleh Vinsen Wuring, yang menjaga tempat itu. Vinsen juga kaget ketika melihat tanaman yang dibudidayakannya itu menampilkan pemandangan yang tidak lazim.

Dan, yang lebih mengagetkan, sebatang pohon pisang yang sedang berbuah, tandan pisangnya lagi-lagi bercabang. Pisang dengan dua tandan itu masing-masing memiliki dua jantung yang sama besarnya. Dua jantung pisang itu juga terus berproduksi sampai sekarang.

Menurut Pater Aloysius Laga Wuring, SVD, anakan pisang itu dibawa dari kampung halamannya di Leworok, Kabupaten Flores Timur (Flotim). Ia tak tahu persis nama pisang langka tersebut. Tapi saat diambil untuk dibawa ke Lewoleba, memang pisang itu diambil dari induk yang punya keunikan tersebut.

"Pisang itu memang saya ambil dari induknya yang bercabang. Tapi saya tidak menyangka kalau gen pisang itu ternyata terbawa sampai sekarang. Kalau induk pisang itu hanya batangnya yang bercabang. Saat ditanam di samping RS Bukit, malah tandannya juga bercabang. Ini memang benar-benar langka," ujar Pater Alo, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (20/5/2015) siang.

Ia menyebutkan, satu pisang berbatang dua itu saat ini masih kecil. Tapi pisang yang bertandan dua itu sudah besar. Saking beratnya tandan pisang itu, ia terpaksa memasang tongkat agar pisang aneh itu tidak patah atau ambruk.

Lantaran ini merupakan pemandangan yang langka, yang sulit ditemukan, maka bagi Anda yang penasaran dan ingin menyaksikan langsung keunikan pisang itu, silakan datang sekarang juga ke Rumah Sakit Bukit Lewoleba.

Sebelum Anda masuk ke gedung rumah sakit itu, Anda akan mendapati terlebih dahulu sebuah rumah yang dihuni oleh orang-orang jompo. Rumah itu letaknya di sisi kanan jalan. Di belakang rumah jompo itu ada sebuah ruas jalan belok ke kanan yang masih terbuat dari tanah. Ikutilah ruas jalan itu hingga tiba di kompleks kandang ayam dan kandang babi.

Di tempat itulah Anda akan menyaksikan satu-satunya rumpun pisang yang menampilkan dua keanehan. Pertama, salah satu anakan pisang berbatang dua. Kedua, pisang besar yang sedang berbuah, memperlihatkan kepada Anda keanehan lainnya.

Pisang itu bertandan dua, berjantung dua, dengan jumlah sisir sama banyak dan sama besarnya. Anda penasaran? Silakan berkunjung ke tempat itu sekarang juga.

Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang Cetak

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer