Kanal

Bangkitkan Semangat ODHA di Kupang

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Banyak masyarakat menjadi aktivis dan bekerja di LSM perjuangan Kota Kupang dengan motivasi untuk membantu mensosialisasikan penanggulangan HIV AIDS. Berikut motivasi mereka.

* Adel Liwe:

SAYA menjadi aktifis di LSM Perjuangan karena mempunyai pengalaman hidup, di mana ada orang terdekat saya yang meninggal karena HIV/AIDS. Dari situ saya bertekad semoga jangan ada lagi orang yang meninggal karena HIV/AIDS atau paling tidak bagaimana saya bisa membagi pengalaman kepada orang lain agar virus itu bisa diminimalisir perkembangannya di Kota Kupang ini.

"Saya bersama aktivis lain yang tidak terinfeksi HIV/AIDS terus menerus berusaha membangkitkan semangat kepada setiap anggota komunitas di LSM Perjuangan ini agar bisa terus menjalani kehidupannya lebih baik dari waktu ke waktu," kata Adel Liwe.

* Wilhelmus Eduard Lisnahan

SETIAP kita memiliki kekurangan dan kelebihan. Tinggal bagaimana kita  meminimalisir kekurangan kita dan terus menonjolkan kelebihan yang ada untuk bisa membantu keluarga dan masyarakat.

"Menderita HIV/AIDS, TBC atau menjadi PSK atau mantan PSK, bukan berarti kita tidak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa maju dan berkembang seperti orang lain," kata Wilhelmus E Lisnahan.

* Piter Ratu Wewo  

PITER Ratu Wewo, Kordinator Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) LSM Perjuangan Kota Kupang, ini mengaku tidak minder, apalagi putus asa dengan status ODHA yang diperolehnya sejak tahun 2012 lalu.

Beruntung saya bertemu dengan Pak Emus (Wilhelmus, Red) di rumah sakit dan diajak bergabung dengan LSM Perjuangan. Di tempat ini kami bisa saling memotivasi dan banyak melakukan kegiatan positif sehingga kami menjadi optimis untuk menjalani kehidupan selanjutnya dan meraih masa depan. Meski saya hanya seorang ojek, saya bangga karena bisa turut melakukan sosialisasi mengenai upaya penanggulangan HIV/AIDS di Kta Kupang.

AIDS bukan lagi virus mematikan jika kita yang belum terinfeksi bisa mencegahnya dan jika kita yang sudah terinfeksi bisa tahu cara mengobatinya dengan mengkonsumsi ARV dan terus berjuang untuk hidup.

Dua tahun lalu saya divonis terinveksi AIDS, namun setelah minum ARV yang didapat secara gratis dari rumah sakit, kini CD-4 saya sudah naik sehingga status saya kini hanya HIV bukan AIDS lagi.

Saya teman lain yang sudah terinfeksi HIV/ADS bisa melakukan langkah pertama dengan berani membuka diri dan bergabunglah dengan LSM Perjuangan agar bisa melawan sekaligus bisa `memberantas' HIV/AIDS.

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang Cetak

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer