Kanal

JCI Chapter Kupang Rayakan Valentine dengan Donor Darah

Para anggota JCI Chapter Kupang pasang aksi sebelum donor darah di PMI NTT - POS KUPANG/ALFRED DAMA

POS KUPANG.COM -- Sekelompok anak muda saling bercanda di ruang tunggu Kantor Sekretariat  Palang Merah Indonesia (PMI) NTT, Sabtu (15/2/2014) siang. Mereka adalah anggota Juventus Club Indonesa (JCI) Chapter Kupang.

Kehadiran mereka di tempat itu bukan untuk merayakan kemenangan Juventus atau nonton bareng seperti yang biasa mereka lakukan. Kehadiran kali ini untuk merayakan Valentine Day atau Hari Kasih Sayang yang diperingati setiap tanggal 14 Februari di seluruh dunia.

Rayakan Valentine Day bagi komunitas pecinta club liga seria A Italia itu bukan dengan menggelar pesta dan hura-hura. Mereka membagi-bagi kasih sayang kepada sesama dengan donor darah. Aksi donor darah kali ini terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan Hari Valentine.

Ketua JCI Kupang, Petral, mengatakan,  donor darah merupakan program rutin JCI, namun kali ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Valentine. "Kita membagi kasih sayang dengan darah kita. Apalagi banyak yang membutuhkan darah," jelasnya.

Petral menjelaskan, semua anggota JCI yang merasa diri sehat diminta untuk berpartisipasi. "Banyak yang ingin donor darah, tapi ada juga yang karena masalah kesehatan tidak bisa mendonorkan darahnya. Ada yang HB rendah tidak bisa donor," jelasnya.

Ia menyebut peserta yang hadir dalam donor darah 46 orang, namun yang layak hanya 31 orang atau menghasilkan 31 kantong darah. Golongan darah A  empat kantong, B 11 kantong, O 14 kantong dan golongan darah AB sebanyak 2 kantong. "15 orang lainnya tidak bisa donor karena HB-nya rendah," jelas Petral.

Undang Komunitas Lain
Selain anggota komunitas, JCI Kupang juga mengundang komunitas lainnya untuk  bersama-sama mendonorkan darah dalam momentum Valentine kali ini. Ketua Divisi  Nonton Bareng JCI Kupang, Viktor Ocong, mengatakan, JCI Kupang telah mengundang sembilan komunitas lainnya  untuk bersama-sama dalam aksi sosial kali ini.  "Kita undang sekitar sembilan komunitas, namun yang respons hanya beberapa saja," jelasnya.

Komunitas yang diajak bergabung antara lain komunitas bola dan komunitas lainnya, namun hanya komunitas pecinta film kartun atau film animasi di Kupang yaitu One Piece New Wolrd  Kupang, komunitas anak muda dari berbagai kelompok yang menamakan diri komunitas Kelapa Mati dan Komunitas Stand Up Komedi dan komunitas Agen FU.

Juventini
JCI Chapter Kupang merupakan kumpulan para pencinta  Juventus. Saat ini anggotanya diperkirakan 400 orang, sudah tersebar di berbagai daerah di NTT.
Pada awalnya, para pecinta club Si Nyonya Tua tersebut hanya
saling kenal di dunia maya seperti facebook dan twitter. Dasar itulah yang membuat para penggagas membuat satu akun sendiri yang  diberi nama JCI Chapter Kupang. Berkomunikasi melalui facebook dan saling kontak itu menjadi cikal bakal terbentuknya JCI Kupang tahun 2010. JCI Kupang merupakan bagian dari Juventus Club Indonesia yang berpusat di Jakarta. Bahkan kehadiran JCI juga sudah diakui oleh Club Juventus di Turin Italia.

JCI Kupang resmi diakui oleh JCI tanggal 26 Agustus 2011, dengan demikian JCI Chapter Kupang masuk dalam komunitas pecinta Juventus yang sudah tersebar di berbagai penjuru dunia. *

Penulis: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer