Kanal

Belajar dari Kegelapan

MALAM itu Mila sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Tiba-tiba pet.... Listrik padam. Seisi rumah gelap gulita.

Tidak ada setitik cahaya pun yang dapat membantunya  untuk keluar dari tempatnya. Untuk sesaat Mila tidak dapat berbuat apa-apa. Dia terpaku di hadapan meja belajar, yang kini tidak lagi tampak bentuk dan rupanya itu.

Beruntung ibu sedang di dapur menyiapkan makan malam. Ibu segera meraih korek api di dekatnya, mengambil lilin dari laci meja dan menyalakannya. Ibu lalu menuju ruang tengah membawakan lilin untuk Mila. Terang lilin itu membuat Mila legah, dia telah keluar dari cengkeraman kegelapan.

Namun Mila tidak berani melanjutkan belajarnya hanya dengan terang lilin itu. Dia takut kalau matanya akan mengalami kerabunan sebelum waktunya. Mila memutuskan untuk mengisi waktu dengan membantu ibu memasak di dapur.
 
                ***
 
Mila takjub melihat cahaya bulan menerobos masuk melalui jeruji ventilasi dapur.
"Andai cahaya bulan itu terangnya seperti cahaya listrik, pasti penghuni bumi lebih memilih untuk menggunakan cahaya bulan. Karena cahaya bulan itu tetap terpancar sepanjang malam. Tidak mati hidup seperti cahaya listrik dari PLN itu. Lagi pula untuk menggunakan cahaya bulan itu kita tidak perlu membayar rekeningnya setiap bulan seperti rekening listrik dari PLN itu," gerutu Mila.

"Ada apa kok menggerutu sendiri di dapur?" tanya ibu yang baru masuk ke dapur.

"Itu, Bu. Mila kesal dengan listrik dari PLN yang s

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer