Komunitas Kahe Gelar Pameran dan Diskusi Tematik Sebagai Forum Literasi

Kahe Exhibition merupakan sebuah acara pameran seni rupa yang dirancang sebagai forum literasi, pengembangan wacana, serta kreasi dan seni rupa

Komunitas Kahe Gelar  Pameran dan Diskusi Tematik Sebagai Forum Literasi
Komunitas Kahe untuk POS-KUPANG.COM
Kegiatan Komunitas Kahe Maumere

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Komunitas Kahe Maumere merupakan komunitas tempat berkumpulnya anak- anak muda, yang memiliki jiwa seni.

Anak-anak muda ini sebagai pegiat dan inisiator dengan minat dan bakat masing-masing mereka belajar bersosialisasi, dan berkarya tidak henti.

Komunitas ini berdiri pada tahun 2015 dan saat ini jumlah anggotanya mencapai 20 orang.
Dengan konsep ruang belajar bagi anak muda, siapa saja yang selalu memiliki niat baik boleh berkecimpung di dalam komunitas yang baru berusia empat tahun.

Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Jalan Bokong - Lelogama

Menteri Perhubungan : Bandara dan Pelabuhan di NTT Diperluas

Ada pertunjukan teater, musik sastra, seni lukis, fotografi, videografi dan lainnya.
Gee Mario, anggota Komunitas Kahe, mengungkapkan Kahe sebagai tempat berkumpul anak-anak muda, dimana mereka tak membatasi diri pada satu jenis karya seni saja, tapi semua seniman yang punya niat baik bisa bergabung dan menyampaikan ide.

Kegiatan Komunitas Kahe
Kegiatan Komunitas Kahe (Komunitas Kahe untuk POS-KUPANG.COM)

"Itulah sebabnya, walau sudah menggelar sejumlah giat teater dan sastra, pihaknya juga akan mengeksplor karya seni lainnya dan memberdayakan banyak seniman. Prinsipnya kami kerja dan berkarya saja dulu. Hasilnya pasti memuaskan," pungkasnya.

Koordinator kegiatan Kahe Exhibition, Dede Aton, yang juga merupakan Ketua Komunitas Kahe mengungkapkan Kahe Exhibition digelar selama dua pekan yakni bulan Mei.

Kahe Exhibition merupakan sebuah acara pameran seni rupa yang dirancang sebagai forum literasi, pengembangan wacana, serta kreasi dan apresiasi seni rupa di kota Maumere, Flores.

Pameran pada Minggu (28/4/2019), menampilkan karya-karya para seniman, baik dari anggota Komunitas Kahe maupun seniman-seniman lain di sekitaran Maumere, NTT dan Indonesia.

Kegiatan Komunitas Kahe
Kegiatan Komunitas Kahe (Komunitas Kahe untuk POS-KUPANG.COM)

"Kahe Exhibition sendiri bertolak dari keprihatinan anggota komunitas Kahe terhadap sepinya aktivitas kreasi maupun pameran seni rupa di Kota Maumere. Kahe Exhibition bermaksud merangsang aktivitas kreasi seni rupa, pertama-tama dari para seniman yang tergabung dalam anggota Komunitas Kahe dan sebisa mungkin melibatkan seniman-seniman rupa yang ada di Maumere," kata Dede.

Menteri Perhubungan : Bandara dan Pelabuhan di NTT Diperluas

Intip Yuk! Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 17 Mei 2019, Virgo Perasaanmu Sungguh Kuat, Zodiak Lain?

Menurutnya, Kahe Exhibition juga diproyeksikan terutama kepada para pelajar dan mahasiswa dalam konteks literasi dan edukasi, serta sebisa mungkin menjangkaui seluruh masyarakat Kota Maumere.

Adapun para seniman yang akan unjuk karya, antara lain Kikan Nong Goa (painting) dan Oan Wutun (drawing) yang merupakan anggota KAHE, serta seniman undangan yaitu RD. Rolly Davinsi (fotografi), Mando Soriano (lukisan) Christyan AS dan Gerson Black Finit (instalasi) dan anak-anak Komunitas Huruf Kecil Maumere.

Pameran ini mengangkat tema "Anak dan Rumah" dan akan terjadi di area Studio Maumere TV, Jalan Don Thomas pada (1-14/5/2019).

Salah satu seniman yang akan tampil, Kikan Nong Goa mengatakan semua persiapan sudah dia lakukan khususnya karya instalasi. "Kahe Exibition ini akan menjadi karya Komunitas Kahe terbaru dengan konsep yang lebih segar. Seni rupa akan jadi titik fokus perhatian dalam perhelatan seni anak muda ini.Apalagi karya seni rupa ini cukup populer di kalangan anak muda. Hanya saja wadahnya kurang sekali. Hampir tidak ada. Jadi ini inisiatif yang baik sekali," kata Kikan ketika dihubungi terpisah.

Ia menjamin eksibisi bertajuk 'Anak dan Rumah' ini akan mendatangkan banyak peminat. Pasalnya, secara umum, jelas Kikan yang juga pendiri Komunitas Huruf Kecil, geliat seni di Kota Maumere pada khususnya sedang tumbuh positif. Baginya, ini jadi semacam api yang akan membakar kreativitas para seniman muda di Kota Maumere.

Komunitas Kahe selalu melakukan berbagai kegiatan. Pada bulan Maret lalu tepatnya Selasa (19/3/2019) artis Becky Tumewu dan Puteri Indonesia Perdamaian 2017 Dea Rizkita bertemu dengan anak-anak muda Maumere yang kreatif dalam kegiatan yang tertajuk Anak Muda dan Komunitas Kahe Maumere dan Komunitas Shoes For Flores  (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricardus Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved