PB Forki Batalkan NTT Sebagai Tuan Rumah Kejurnas Pra PON

Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) telah membatalkan atau mencabut surat yang memutuskan Pengprov Forki NTT sebagai tuan

PB Forki Batalkan NTT Sebagai Tuan Rumah Kejurnas Pra PON
 Foto/Ricko Wawo/
Para pengurus Pengprov NTT Inkai, KKI dan Inkanas bertemu dengan pihak KONI NTT di Hotel Naka, Kota Kupang, Rabu (15/5/2019). 4 Lampiran 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-KUPANG-Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) telah membatalkan atau mencabut surat yang memutuskan Pengprov Forki NTT sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Pra PON 2019 dan pengangkatan panitia pelaksanaan Kejurnas Pra PON 2019 Pengprov Forki NTT. Pembatalan ini secara resmi dikeluarkan oleh PB Forki pusat dengan surat tertanggal 8 Mei 2019.

Melalui salinan surat yang diterima Pos Kupang, Rabu (15/5/2019), setidaknya ada dua alasan pencabutan atau pembatalan itu. Pertama, PB Forki menilai penunjukan Pengprov Forki NTT sebagai tuan rumah Kejurnas Pra PON 2019 perlu ditinjau dan dibatalkan mengingat Pengurus FORKI NTT periode 2018-2022 belum mendapatkan rekomendasi atau pengakuan dari KONI NTT.

Kedua, Kepengurusan FORKI NTT perlu bersinergi dengan KONI NTT agar dalam menjalankan program pembinaannya mendapat dukungan dari KONI NTT sebagai induk organisasi yang diakui oleh pemerintah.

Ini Kisah Gelandang Persib Bandung, Rene Mihelic saat Saat Bermain di Eropa

Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh membeberkan alasan pihaknya tak mengeluarkan rekomendasi kepada pengurus Forki NTT. Menurut dia, rekomendasi tidak bisa dikeluarkan karena proses pemilihan kepengurusan Forki NTT saat ini tidak sesuai prosedur dan ditolak secara tegas oleh tiga perguruan karate lainnya yakni KKI, Inkai dan Inkanas.

"Musyawarah luar biasa juga kami tidak tahu, setelah selesai terpilih juga kami tidak tahu, saya hampir keluarkan rekomendasi tapi bersamaan dengan itu keluar surat dari KKI, Inkai dan Inkanas yang menolak kepengurusan itu," paparnya saat bertemu dengan para pengurus Pengprov NTT Inkai, KKI dan Inkanas di Hotel Naka, Kota Kupang, Rabu (15/5/2019).

Ia menegaskan selama masih ada konflik internal di dalam tubuh Forki NTT, pihaknya tidak bisa mengeluarkan rekomendasi.

Konflik internal inilah, kata dia, yang menjadi alasan KONI NTT tidak mengeluarkan rekomendasi sebagaimana dimaksud. Yang menjadi akar masalahnya adalah kepengurusan Forki NTT yang tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang ada.

Dia meminta pihak terkait tidak melibatkan KONI NTT di dalam kekisruhan dalam organisasi Forki NTT.

pengurus Pengprov NTT Inkai, KKI dan Inkanas bertemu dengan pihak KONI NTT di Hotel Naka, Kota Kupang, Rabu (15/5/2019).
pengurus Pengprov NTT Inkai, KKI dan Inkanas bertemu dengan pihak KONI NTT di Hotel Naka, Kota Kupang, Rabu (15/5/2019). (Pos kupang.com/Ricko Wawo)

Pihaknya hanya akan mendukung musyawarah dan pemilihan kepengurusan yang konstitusional.
Dia berharap Pengprov Forki NTT sendiri tidak menjadikan KONI NTT sebagai penyebab dibatalkannya penyelenggaraan Kejurnas Pra PON 2019 di NTT.
"Ini hanya akibat. Jangan membuat seolah-olah KONI jadi penyebab pencabutan," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved