Putra NTT Jadi Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia

Ketua Majelis Wali Amanat UI, Saleh Husin mulai bertugas pasca terpilih mewakili kalangan masyarakat, 14 Maret 2019 lalu.

Putra NTT Jadi Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia
Net
Saleh Husin

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI), Saleh Husin mulai bertugas pasca terpilih mewakili kalangan masyarakat, 14 Maret 2019 lalu.

Putra NTT kelahiran Pulau Rote ini mendapat kepercayaan dalam Rapat Paripurna MWA UI yang berlangsung di Kampus UI Salemba, Rabu (24/4/2019). Saleh Husin menjabat Ketua MWA UI periode 2019-2024.

Saleh Husin bersama pengurus MWA Universitas Indonesia
Saleh Husin bersama pengurus MWA Universitas Indonesia (ISTIMEWA)

MWA UI terdiri dari beberapa unsur yang berasal dari lintas disiplin dan beragam pemangku kepentingan.

Astaga! Gagal Raih Suara Terbanyak, Caleg di Pulau Flores Blokir Jalan

MWA memiliki tugas dan kewajiban, di antaranya menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari SA dan DGB, melakukan pengawasan terhadap kondisi keuangan UI, mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), dan RKA serta mengevaluasi implementasinya.

Selain itu, memberikan masukan kepada Rektor atas pengelolaan UI, dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan.

Saleh Husin berbicara di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Saleh Husin berbicara di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (ISTIMEWA)

Melakukan penilaian atas kinerja Rektor sekali dalam setahun, bersama-sama dengan SA dan DGB, mengangkat dan memberhentikan Rektor UI, dan menyelesaikan permasalahan UI yang tidak dapat diselesaikan organ lain setelah melalui pertimbangan rapat koordinasi antarorgan.

PSI dan Perindo Melejit di Dapil Kota Kupang

Bersepeda 63 Kilometer, Saleh Husin Promosi Wisata Indonesia di Jepang

MWA dapat mendelegasikan kewenangannya secara tertulis kepada Rektor untuk tugas-tugas tertentu. Dalam melaksanakan tugasnya MWA dibantu oleh Komite Audit (KA) dan Komite Risiko (KR).

"Bergabungnya wakil dari lapisan masyarakat, lintas disiplin, sekaligus beragam pemangku kepentingan ke dalam Majelis Wali Amanat diharapkan mampu mengawal langkah Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik Asean," ujar Selah Husin usai terpilih mejadi ketua, sebagaimana dilansir dari pres release yang diterima Pos Kupang.com via pesan WhatsApp, Jumat (26/4/2019).

Saleh Husin di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Saleh Husin di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (ISTIMEWA)

"Termasuk mendorong lembaga ini semakin peka dan responsif terhadap beragam isu, tidak saja di lingkup kampus, tapi juga di masyarakat luas," tambahnya.

MWA UI Saleh Husin Bersama Ketua Iluni UI Dan Divisi II Kostrad Ramaikan Lari 10 Km Di CFD Jakarta

Saleh Husin dan Jurnalis Bersepeda Jajal Lintasan Sekitar Pabrik IKPP Sinar Mas

Saleh Husin Ungkap Niat Awal Jokowi Kunjungi Pulau Rote

Menteri Perindustrian tahun 2014-2016 ini mengaku bangga, haru sekaligus tertantang setelah menerima kepercayaan dari MWA.

"Namun tetap optimistis melalui kerja kolektif, didukung reputasi dan kekuatan jaringan para tokoh yang mendampinginya, akan mampu membawa UI semakin baik, melalui beragam kemitraan dengan pihak eksternal," ujar Saleh Husin.

Proviciat Pak Saleh. Selamat bertugas, semoga amanah selalu. (*)

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved