Dispora NTT Gelar Pelatihan Instruktur SKJ 2018

Pelatihan instruktur Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) 2018 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaksanakan di Hotel Pelangi Jal

Dispora NTT Gelar Pelatihan Instruktur SKJ 2018
Pos Kupang.com/Ricko Wawo
Pelatihan SKJ Dispora NTT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-KUPANG-Pelatihan instruktur Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) 2018 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaksanakan di Hotel Pelangi Jalan Veteran Fatululi, 23 - 27 April 2019.

Kegiatan tersebut melibatkan staf dari dispora Kabupaten/Kota Se-NTT dan beberapa instansi Pemerintahan di lingkup Provinsi NTT.

Instruktur dari Kemenpora RI, Edi Prayitno mengapresiasi antusiasme peserta di NTT yang mengikuti SKJ 2018 ini. Dia menjelaskan SKJ yang diperkenalkan ini merupakan tipe senam yang sudah di-redesign lagi dari senam SKJ yang sempat populer di tengah masyarakat sejak tahun 1984.

"Ini biar ingat kembali gerakannya," ujarnya.

Kalau musik SKJ era sebelumnya memakai musik tahun 1980 dan 1984, SKJ 2018 ini memakai musik yang lebih kekinian dan akrab di telinga milenials.

Dari segi gerakan, katanya, juga ada perubahan-perubahan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Tujuan dari kegiatan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) adalah juga sebagai penggerak olahraga. Kemenpora sendiri akan terus melakukan sosialisasi perihal SKJ mulai dari level usia dini hingga usia dewasa. Upaya ini merupakan bagian dari peningkatan kebugaran dan minat olahraga masyarakat Indonesia yang tergolong masih sangat rendah.

SkJ sendiri ada dua versi. Versi pertama yang berdurasi lima menit untuk anak SD dan durasi lebih dari lima menit untuk orang dewasa, instansi, sanggar dan para pecinta olahraga. Dia berharap materi senam yang sudah didapatkan ini bisa disosialisasikan dan dibawa ke daerah masing-masing.

"Harapan kami masyarakat bisa olahraga lagi. Era-era senam tahun 1980-an itu bisa kembali lagi," paparnya.

Dia menuturkan, senam yang pernah populer satu dekade yang lalu ini bisa dilaksanakan di tiap instansi pada setiap hari Jumat dan Sabtu. Senam ini diharapkan juga bisa semakin dikenal masyarakat sehingga dapat meningkatkan indeks kebugaran masyarakat Indonesia.

Kabid Pembedayaan Olahraga Ayup Moy, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini juga adalah untuk membentuk instruktur-instruktur khusus SKJ 2018 dan memasyarakatkan olahraga senam ini ke tengah-tengah masyarakat sampai di tingkat kabupaten.

Dispora NTT sendiri berencana membuat satu perlombaan khusus SKJ 2018 bagi para instruktur senam di seluruh NTT. Rencana ini, ungkapnya, juga sudah diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT, Hilda Bria Seran.

Tujuannya tentu untuk semakin memperkenalkan SKJ 2018 di tengah masyarakat.
Selain instruktur dari Kemenpora Indonesia, kegiatan ini juga menghadirkan instruktur dari daerah.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Dispora Hildergardis Bria Seran. (*)

Pelatihan Senam Kesegaran Jesmani Dispora NTT
Pelatihan Senam Kesegaran Jesmani Dispora NTT (Pos Kupang.com/Ricko Wawo)
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved