Home Credit Bersama OJK NTT Gelar Literasi Keuangan di Kampus Undana Kupang

Kegiatan home credit Bersama OJK NTT Gelar Literasi keuangan di Kampus Undana Kupang

Home Credit Bersama OJK NTT Gelar Literasi Keuangan di Kampus Undana Kupang
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Peserta kegiatan Literasi Keuangan Pendidikan, di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana, Kamis (25/4/2019). 

Kegiatan home credit Bersama OJK NTT Gelar Literasi keuangan di Kampus Undana Kupang

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Sekitar 150-an mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusa Cendana mengikuti Kegiatan Literasi Keuangan Pendidikan, di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana, Kamis (25/4/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Home Credit bersama OJK Provinsi NTT, yang didukung oleh Yayasan Turun Tangan.

Chief External Affair Andy Nahil Gultom, kepada POS-KUPANG. COM, mengatakan kegiatan ini merupakan edukasi literasi keuangan yang dilaksanakan di Kampus Undana, namun menjadi kelas ke-40 yang pernah dilakukan dari tahun 2014.

Bondan Prakoso Kagum dengan Bangunan PLBN Motamasin Malaka

Lembaga pembiayaan ini lebih banyak memberikan kelas edukasi bukan hanya kepada mahasiswa saja tetapi juga ibu rumah tangga, siswa Sekolah Dasar, SMP, SMA bahkan para pensiunan.

"Jadi kita memberikan edukasi keuangan ke semua lapisan masyarakat dengan modul-modul yang cocok dengan klasifikasi profesi maupun umur mereka sendiri. Karena kita melihat masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham edukasi keuangan. Kita merasa terpanggil untuk memberikan ilmu yang diberikan dalam bentuk modul-modul ringkas dan mudah dipahami," tuturnya.

Kapolsek Aesesa: Polisi akan Tindak Tegas Jika Ada yang Mengganggu Kamtibmas

Dengan harapan, kata Andy mereka bsia mempraktekkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Ia tekankan edukasi ini tidak berarti harus membeli produk tetapi edukasi ini dilaksanakan secara sukarela dan gratis. Ilmu yang diberikan ini, lanjutnya, bisa diberitahukan secara bebas ke keluarga, maupun teman atau pada siapapun. Karena tujuannya ingin lebih berguna untuk banyak orang.

Edukasi ini juga, katanya, untuk mendukung kegiatan OJK agar masyarakat Indonesia lebih melek keuangan.

Ia menyampaikan kegiatan edukasi hari ini fokus kepada mahasiswa untuk mempersiapkan mahasiswa bagaimana bisa menjadi pengusaha muda. Kemudian bagaimana menentukan tujuan keuangannya, mencari modalnya seperti apa dan bagaimana menentukan instrumen investasi.

Karena sebentar lagi mereka akan masuk di dunia kerja. Hal yang sama juga, katanya, terjadi bagi ibu rumah tangga dan pensiuan. Bila pensiuan lebih fokus menjaga keuangan karena tidak lagi di umur produktif, sehingga fokus pada instrumen investasi yang memberikan tingkat riten lebih kecil dan lebih aman.
Sedangkan, untuk ibu rumah tangga, perlu edukasi literasi keuangan karena bisa membuat laporan keuangan sederhana atau membuat bisnis kecil-kecilan yang tidak mengganggu fokus untuk mengurus keluarga.

Siswa SD pun ditanamkan literasi keuangan sejak dini agar bsia menabung dan beramal.
Materi edukasi juga diberikan oleh Kantor OJK NTT, yang mewakili Kepala OJK, yaitu Kepala Subbagian Pengawasan Suryanto Nur Hidayat Bagus Mataram.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Teritory Manager Kupang, Oktaviano Halilintar. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved