Saat Perhitungan, Perolehan Suara Frans Sarong Ditulis Salah

Suara Caleg Frans Sarong di Pemilu 2019 yang maju dalam perhelatan politik merebut kursi DPRD NTT sempat ditulis salah oleh KPPS saat perhitungan suar

Saat Perhitungan, Perolehan Suara Frans Sarong Ditulis Salah
ISTIMEWA
Frans Sarong 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Suara Caleg Frans Sarong di Pemilu 2019 yang maju dalam perhelatan politik merebut kursi DPRD NTT sempat ditulis salah oleh KPPS saat perhitungan suara.

Suara Frans harusnya 16 tapi ditulis di blangko C1 4 suara saja.

Ingformasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM di Borong, Selasa (23/4/2019) siang menjelaskan, Frans maju di Dapil IV untuk caleg DPRD NTT meliputi Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

Pada perhitungan suara untukb Frans ditemukan dugaan kecurangan yang berpotensi memangkas perolehan suaranya di Pemilu 17 April 2019 lalu.

Dugaan kecurangan terjadi di TPS 07 Waekutung, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Pemilu 2019 Digelar Hari Ini- Ini Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Kecamatan Reok

Di TPS itu, Frans seharusnya memeroleh 16 suara sebagaimana tertulis dalam C1 plano.

Namun, dalam lembaran C1 tecatat hanya 1 suara bagi caleg Golkar nomor urut 4 itu.

Hasil pelacakan tim Frans merujuk pada foto catatan C1 plano TPS 07 Waekutung di Tanah Rata, Minggu (21/04/2019) petang.

Dugaan kecurangan sebelumnya di kecamatan yang sama ditemukan di TPS 02 Waepoang Desa Bamo dan TPS 04 Mera di Desa Golotolang.

Di TPS 02 Waepoang, suara untuk Frans tertulis di C1 hanya 4 suara dari seharusnya 24 suara. Kasus serupa terjadi di TPS 04 Mera, Desa Golo Tolang tertulis dalam C1 7 (tujuh) suara dari seharusnya 27 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Matim, Adiranus Mbalur mengatakan, pihaknya akan melakukan pembandingan C1.

“Disiapkan C1-nya, nanti pleno di PPK akan dibandingkan dengan C1 para pihak (C1 KPU dan Bawaslu serta C1 saksi),” ujarnya.

Ia mengaku, pihaknya sudah menyampaikan hal itu ke PPK Kota Komba.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved