Komisioner KPU Kota Kupang : Pelaksanaan Pleno secara Paralel Tergantung Kesiapan Tempat

Di Kecamatan Kelapa Lima, pleno dilaksanakan secara paralel, sedang di Kecamatan Kota Raja, pleno dilaksanakan serial.

Komisioner KPU Kota Kupang : Pelaksanaan Pleno secara Paralel Tergantung Kesiapan Tempat
POS-KUPANG.COM/ Ryan Nong
proses rekapitulasi suara di Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang 

Komisioner KPU Kota Kupang : Pelaksanaan Pleno secara Paralel Tergantung Kesiapan Tempat

Laporan Reportase POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Pelaksanaan Pleno penghitungan suara tingkat PPK se-Kota Kupang mulai dilaksanakan serentak pada hari ini, Selasa (23/4/2019). Di Kecamatan Kelapa Lima, pleno dilaksanakan secara paralel, sedang di Kecamatan Kota Raja, pleno dilaksanakan serial.

Ketua KPU Kota Kupang Deky Ballo kepada POS-KUPANG.COM pada Selasa siang di Kantor Camat Kota Raja menjelaskan, pelaksanaan pleno di tingkat PPK bisa dilaksanakan secara paralel maupun secara serial. Hal tersebut diatur dalam regulasi KPU.

Ia menjelaskan, pelaksanaan secara paralel atau serial itu tergantung pada kesiapan PPK, Bawaslu serta yang paling utama adalah dukungan tempat.

PPK Kecamatan Kota Waingapu Sudah Mulai Pleno Hasil Pemilu 2019

“Ada regulasi mengatur bisa secara paralel, bisa secara serial, tetapi terutama tergantung kesiapan dari PPK dan melihat kesiapan Bawaslu serta tempat. Tapi pada prinsipnya kalau tempat mendukung bisa dilakukan secara paralel,

tetapi kalau tidak memungkinkan ya satu-satu,” ujarnya.

Terkait keterlambatan pelaksanaan Pleno Rekapitulasi di beberapa Kecamatan yang molor lebih dari satu jam dari agenda, Decky mengatakan itu hanyalah masalah teknis, bukan masalah prinsipil.

“Keterlambatan itu akibat banyak faktor, misalnya terkait kehadiran saksi, juga Bawaslu. Itu masalah teknis, tidak prinsip,” jelasnya.

Komisioner KPU Kota Kupang Pantau Pleno di Kecamatan Kota Raja

Di Kecamatan Kelapa Lima, pleno dilakukan dua kelas sekaligus yakni pleno untuk Kelurahan Oesapa Selatan dan pleno untuk kelurahan Oesapa Barat.

Sedangkan untuk kecamatan Kota Raja, pleno dilakukan dengan sistem serial, pada pukul 11.00 Wita, pleno mulai dilaksanakan untuk Kelurahan Naikoten 1. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved