Bawaslu Nagekeo Sebut Dua TPS akan Adakan Pemungutan Suara Ulang, Ini Alasannya

PSU tersebut dilakukan karena Bawaslu mendapat laporan dalam tahap pemungutan 17 April 2019 kemarin, ditemukan warga saat mencoblos menggunakan E-KTP

Bawaslu Nagekeo Sebut Dua TPS akan Adakan Pemungutan Suara Ulang, Ini Alasannya
Istimewa
Suasana saat koordinasi Bawaslu Nagekeo, KPU Nagekeo, Kapolsek Aesesa dan Pabung 1625/Ngada di Wolowae, Kamis (18/4/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nagekeo, Yohanes Nanga, SH, menyebutkan, pihaknya merekomendasikan dua TPS untuk menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Kedua TPS, yakni TPS II di Kobakua, Desa Tenda Toto, Kecamatan Wolowae dan TPS I di Desa Utetoto, Kecamatan Nangaroro.

PSU tersebut dilakukan karena Bawaslu mendapat laporan dalam tahap pemungutan 17 April 2019 kemarin, ditemukan warga saat mencoblos menggunakan E-KTP tidak sesuai alamat tempat tinggal.

“Di PSU karena ada warga yang mengikuti pencoblosan menggunakan E-KTP tidak sesuai alamat tempat tinggal. Warga itu beralamat Bajawa,” ujar Yohanes, Minggu (21/4/2019).

Yohanes mengatakan, di Kabupaten Nagekeo ada dua TPS yang ditemukan pelanggaran pemilu.

“Dua TPS itu ada masyarakat yang ikut coblos tapi alamat E-KTP tidak sesuai alamat tempat tinggal. Yang kita temukan E-KTP itu masing-masing berasal dari Kabupaten Ngada. Sehingga kita merekomendasikan ke KPU Nagekeo untuk diadakan PSU,” ujarnya.

Komisioner KPU Nagekeo Mikael Anjelo Mali membenarkan hal itu. Ia mengatakan, KPU Nagekeo telah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu untuk melakukan PSU di dua TPS tersebut.

Sampai saat ini, kata Anjelo, pihaknya sedang melakukan rapat koordinasi untuk melakukan PSU.

Sementara Ketua KPU Nagekeo, Quirinus Eleuterius, mengatakan, persoalan ini menjadi perhatian KPU Nagekeo bersama Bawaslu Nagekeo. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved