Berita Pendidikan

Tanamkan Karakter Dasar, Sekolah KGU Hadirkan Pendidikan Berbasis Teologi

Sekolah Kristen Generasi Unggul (KGU) Kota Kupang menghadirkan konsep pendidikan berbasis teologi.

Tanamkan Karakter Dasar, Sekolah KGU Hadirkan Pendidikan Berbasis Teologi
Ricardus Wawo
Sekolah Kristen Generasi Unggul Tanamkan Karakter Dasar Anak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricardus Wawo

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Kristen Generasi Unggul (KGU) Kota Kupang menghadirkan konsep pendidikan berbasis teologi.

Konsep tersebut merupakan bagian dari revolusi pendidikan Kristen 5.0. Artinya, pendidikan itu berpusat pada teologi (Christ-Minded) dan mau menanamkan fondasi karakter yang kuat dalam diri seorang anak didik.

Hal ini tentu berbeda dengan kemajuan teknologi 4.0 yang lebih banyak menekankan kemajuan dan perkembangan itu pada logika.

7 Tips Buat Kurangi Mata Lelah untuk Kalian yang Bekerja Menatap Layar Komputer Setiap Hari

Padahal, semua yang berbasis pada logika tentu saja terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seperti sebuah fondasi rumah, karakter seorang anak pun harus diberi fondasi yang kuat dan tak berubah-ubah.

Pembina Yayasan Sekolah Kristen Generasi Unggul, Pendeta Johny Kilapong, menjelaskan Sekolah Kristen Generasi Unggul memacak dasar atau fondasi pendidikannya pada Alkitab yang mengandung kebenaran.

"Kebenaran itu lebih tinggi dari yang lain. Kebenaran itu bersumber dari Tuhan. Alkitab mengajarkan takut akan Tuhan pasti berhikmat dan hikmat menembus batas pengetahuan. Yang namanya hikmat basisnya kebenaran dan menembus semua. Semua boleh berubah tapi kebenaran tidak pernah berubah," ujarnya usai Seminar Excellent Parenting Community bertajuk Konsep Pendidikan Unggul Zaman Now (Sinergi sekolah dan orangtua membangun anak unggul dalam kecerdasan, iman dan karakter) di Hotel Cahaya Bapa Kupang belum lama ini.

Dia mengatakan, karakter yang bersumber dari kebenaran tidak pernah berubah. Karakter itu seperti kedisiplinan, kejujuran, ketaatan kerja keras, dan integritas diri.

Menurut Pendeta Johny, untuk menjabarkan konsep revolusi pendidikan 5.0, ada sejumlah indikator yang harus dikerjakan peserta didik seperti baca kitab suci setiap hari, membuat renungan, kerja PR, datang sebelum waktu kegiatan, kerja keras di rumah membantu orang tua, disiplin atribut, membuat ringkasan pelajaran, dan wajib membaca buku.

Malam Nisfu Syaban 21 April 2019 Malam Pengampunan Dosa! Ini Niat Sholat Nisfu Syaban

"Sekolah Kristen Generasi Unggul terdiri dari jenjang Play Grup, TK, SD, SMP, dan SMA," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved