Pilpres 2019

Dua TPS di Kabupaten Kupang Berpeluang Dilakukan Pemungutan Suara Ulang

Dua TPS di Kabupaten Kupang Berpeluang Dilakukan Pemungutan Suara Ulang

Dua TPS di Kabupaten Kupang Berpeluang Dilakukan Pemungutan Suara Ulang
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi pemungutan suara: Warga memberikan suara saat simulasi pemungutan suara di TPS Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2013). 

Dua TPS di Kabupaten Kupang Berpeluang Dilakukan Pemungutan Suara Ulang

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Pelaksanaan pemilu serentak pilpres maupun pileg di Kabupaten Kupang umumnya berjalan aman, lancar dan sukses.

Namun, dari hasil pemantauan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, ada dua tempat pemungutan suara (TPS) yakni TPS 3 di Sulamu dan TPS 8 di Camplong 1, direkomendasikan untuk dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) karena ditemukan adanya dugaan pelanggaran.

Surat Suara Kurang KPU Kota Bekasi Akan Ajukan Pemungutan Suara Susulan di 9 TPS

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo melalui Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Kupang, Adam Horison Bao, menyampaikan hal ini, Kamis (18/4/2019).

Adam mengatakan, dari keseluruhan hasil pemantauan pihaknya selama proses pemilu berlangsung, tidak ada persoalan serius yang dapat mengganggu jalannya kegiatan pencoblosan.

Sebabkan Kebakaran Hutan, Dua Pemuda Italia Didenda Rp 427 Miliar

Hal ini karena berkat dukungan semua pihak baik penyelenggara (KPU), aparat Polri-TNI juga elemen terkait lainnya.

Namun, kata Adam, ada temuan dugaan pelanggaran yang berpeluang dikeluarkannya rekomendasi agar dilakukan PSU terutama di TPS 3 di Sulamu dan TPS 8 di Camplong 1.

Untuk di TPS 3 Sulamu, ditemukan adanya pelanggaran yang kemungkinan bisa PSU, sedangkan di TPS 8, Camplong 1, tim tengah melakukan uji faktual terkait dugaan pelanggaran pada C7.

"Kalau untuk TPS 3 Sulamu kita koordinasi dengan panwascam untuk mengajukan rekomendasi ke KPU. Sedangkan untuk di Camplong 1, masih uji faktual sehingga kita masih tunggu," katanya.

Adam menambahkan, soal kekurangan administrasi memang ada seperti kekurangan surat suara, kertas plano, sudah diselesaikan oleh KPU dan proses pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved