KPU TTS Akui Adanya DPT Tercecar

Salah satu masalah yang dikeluhkan masyarakat Kabupaten TTS pada pemilihan umum kali adalah adanya daftar pemilih tetap (DPT) yang tercecar.

KPU TTS Akui Adanya DPT Tercecar
POS-KUPANG.COM/ DION KOTA
Ketua KPU Kabupaten TTS, Matheus Krivo

KPU TTS Akui Adanya DPT Tercecar

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE- Salah satu masalah yang dikeluhkan masyarakat Kabupaten TTS pada pemilihan umum kali adalah adanya daftar pemilih tetap (DPT) yang tercecar.

Dimana, dalam satu keluarga tidak terdaftar dalam DPT yang sama di satu TPS tetapi terpisah. Ketua KPU Kabupaten TTS Matheus Krivo tak membantah hal tersebut.

Ia mengaku, pihaknya sudah maksimal dalam melakukan restrukturisasi DPT, tetapi masih ada DPT yang tercecar.

Live Quick Count, Siaran Langsung Hasil Quick Count Pilpres 2019 dari Litbang Kompas

" Memang benar ada kasus dimana dalam satu keluarga bahkan suami istri terdaftar dalam DPT yang berbeda TPS. Kita sudah maksimal melakukan restrukturisasi DPT untuk memperbaiki DPT yang tercecar tetapi memang belum mampu mengkover semua wilayah," akuinya.

Indikasi adanya DPT yang tercecar ini lanjut Matheus, memang sudah diketahui pihak KPU saat melihat data dalam aplikasi Sidali. Dimana KPU menemukan adanya data ganda dan anomali data.

Selain itu, data by name dan data DPT memang ada yang berbeda. KPU lalu melakukan pencermatan ulang, namun diakuinya belum mampu menghimpun semua DPT yang tercecar.

" Kita sudah berusaha maksimal namun memang masih ada DPT yang tercecar. Namun pemilu harus tetap jalan," ujarnya.

Cerita Warga Mencoblos Pemilu 2019 di Tengah Banjir

Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay mengaku menerima pengaduan terkait adanya DPT yang tercecar. Masyarakat mengeluh karena harus menempuh jarak yang lebih jauh untuk bisa mencapai TPS.

Selain itu, ada suami istri yang terpisah TPS. Kita sudah rekomendasikam agar KPU Kabupaten TTS melakukan restrukturisasi DPT tetapi memang belum mampu memperbaikinya seluruh DPT yang tercecar.

" Kita memang menerima keluhan DPT tercecar ini dan kita sudah minta KPU Kabupaten TTS untuk melakukan restrukturisasi DPT, tetapi memang masih ada yang tercecar," akuinya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved