Kepala BBPP Kupang Mendampingi Kapuslatan Monitoring Program READ-SI di Kabupaten Kupang

Tujuan jangka panjang dari Program READSI yaitu meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin di wilayah lokasi program READSI. Tujuan jangka pendek

Kepala BBPP Kupang Mendampingi Kapuslatan Monitoring Program READ-SI di Kabupaten Kupang
DOK BBPP Kupang
Bupati Kupang, Drs.Korinus Masneno dan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya, M. DM, Kepala BBPP Kupang Dr. Adang Warya, MM pose bersama. 

POS KUPANG.COM -Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling-up Innitiative (READ- SI) merupakan program pengembangan dari Program Rural Empowerment and Agricultural Development (READ) yang telah dilaksanakan selama 6 tahun (2008-2014) di 5 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah

dan program replikasi READ yang telah dilaksanakan selama 3 tahun (2015-2017) di 4 Kabupaten Perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Tujuan jangka panjang dari Program READSI yaitu meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin di wilayah lokasi program READSI. Tujuan jangka pendeknya yaitu memberdayakan rumah tangga petani di pedesaan baik secara individu maupun kelompok dengan ketrampilan,

membangun rasa percaya diri dan pemanfaatan sumberdaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian dan non pertanian serta meningkatkan taraf hidupnya secara berkelanjutan.

Pelaksana utama pengelolaan kegiatan READSI secara nasional yaitu Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian c.q. Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan).

Salah satu lokasi yang menjadi sasaran program READSi yaitu Kabupaten Belu dan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Untuk memastikan program dapat berjalan dengan baik dan lancer maka pada hari Selasa, 16 April 2019

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya, M. DM bersama dengan Kepala BBPP Kupang Dr. Adang Warya, MM melakukan monitoring dan evaluasi program kegiatan READSI di Kabupaten Kupang.

Tim monitoring diterima dan disambut secara langsung oleh Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno didampingi oleh plt Kepala Dinas Pertanian Marthen A.

Rahakbauw,S.Pi, M.Si. Dalam kegiatan koordinasi tersebut dibahas beberapa evaluasi kegiatan yang sudah dilakukan serta beberapa langkah strategis yang harus dilakukan agar program READSI dapat berjalan dengan baik dan lancer di Kabupaten Kupang.

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang selaku Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian di bawah BPPSDMP, juga siap untuk berperan aktif serta mendukung kegiatan READSI yang akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Kupang dan Belu.

Beberapa peran yang akan dilakukan diantaranya yaitu mengkoordinasikan kegiatan pelatihan dengan tim pelaksana provinsi dan kabupaten agar sesuai dengan kebijakan pelatihan di BPPSDMP,

memperkuat READSI dalam sistem informasi dan manajemen database pelatihan pertanian di Pusat dan Daerah dan mengorganisasikan pelaksanaan kegiatan dan pembinaan terkait pelatihan. (*)

Bupayi Kupang, Drs. Korinus Masneno
Bupati Kupang, Drs. Korinus Maseneno menerima Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya, M. DM, Kepala BBPP Kupang Dr. Adang Warya, MM 
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved