Butuh Kearifan Lokal KPPS Selamatkan Hak Pilih Buta Huruf

Tokoh masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs.Hugo Rehi Kelembu menyayangkan KPU tidak mengatur hak politik orang buta huruf pada pemilu kali ini

Butuh Kearifan Lokal KPPS Selamatkan Hak Pilih Buta Huruf
POS-KUPANG.COM/ PETRUS PITER
Drs.Hugo Rehi Kelembu

Butuh Kearifan Lokal KPPS Selamatkan Hak Pilih Buta Huruf

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA- Tokoh masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs.Hugo Rehi Kelembu mengatakan KPU hanya mengatur orang buta (disabilitas) menggunakan hak politiknya.

Sementara hak politik orang buta huruf tidak diatur pada  pemilu kali ini.

Padahal kedua-keduanya adalah sama-sama buta. Orang buta ketika masuk dalam bilik suara tidak bisa berbuat apa-apa katena tidak bisa melihat sehingga membutuhlan alat bantu.

TPS Unik di Rutan Ahmad Dhani dan Artis VA, Ajak Pemilih Lupakan Masa Lalu

Kondisi itu sesungguhnya terjadi pada orang buta huruf. Ia masuk ke bilik suara, menbawa surat suara tetapi tidak bisa berbuat apa-apa karena buta huruf alias tidak bisa membaca.

Karena itu membutuhkan kearifan KPPS selaku penyelenggara pemilu di tingkat TPS untuk mengakomodir hak politik orang buta huruf itu.

Hal itu karena orang buta huruf dan orang orang buta tidak ada bedanya. Menjadi soal karena KPU hanya melihat buta fisik saja.

Drs.Hugo Rehi Kelembu menyampaikan hal itu sesaat setelah memberikan surat suara di TPS VII, Desa Rada Mata, SBD, Rabu (17/4/2019)

Hasil Hitung Suara Pilpres, TPS Maruf: Jokowi-Maruf 132 Suara, Prabowo-Sandiaga 129 Suara

Karena itu selaku masyarakat Sumba Barat Daya menghimbau penyelenggara pemilu dalam hal ini KPPS menggunakan kearifan lokal agar mengakomodir hak politik orang buta huruf.

Harapan ke depan, KPU harus cermat menentukan kebijakan sehingga tidak ada warga negara merasa dirugikan. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved