Pilpres 2019

Bowo Sidik, Idrus Marham, dan Sejumlah Tahanan KPK Mencoblos Pakai Rompi Oranye

Bowo Sidik, Idrus Marham, dan Sejumlah tahanan KPK Mencoblos Pakai Rompi Oranye

Bowo Sidik, Idrus Marham, dan Sejumlah Tahanan KPK Mencoblos Pakai Rompi Oranye
DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com
Anggota DPR Bowo Sidik Pangarso (rompi tahanan dan kemeja biru bergaris) menunjukkan jempolnya usai mencoblos di Rutan KPK, Jakarta, Rabu (17/4/2019). 

Bowo Sidik, Idrus Marham, dan Sejumlah tahanan KPK Mencoblos Pakai Rompi Oranye

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) memfasilitasi tahanan KPK untuk mencoblos pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Mereka melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 012 Guntur.

Sejumlah tahanan KPK mulai berdatangan dengan menggunakan mobil tahanan. Mereka tampak keluar dengan mengenakan borgol dan rompi tahanan.

Kehabisan Surat Suara, Bekas Bupati Lampung Selatan Ngamuk di Lapas Rajabasa

Pantauan Kompas.com, sejak pukul 10.56 WIB, tahanan KPK yang datang di antaranya anggota DPR Bowo Sidik Pangarso, mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto, dan pengusaha Tamin Sukardi.

Selain itu tampak juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi, panitera Pengadilan Negeri Jakarta Timur Muhammad Ramadhan dan tahanan lainnya. Sebagian besar tahanan tak berkomentar dan langsung memasuki rutan KPK.

Jusuf Kalla: Kita Harapkan yang Terbaik untuk Nomor Satu

Salah satu tahanan KPK, Idrus Marham hanya melempar senyum sapa. "Ya, ya," kata Idrus melempar senyum sambil mengangkat kedua tangannya yang diborgol.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, rencananya tahanan KPK yang mencoblos sebanyak 63 orang.

"Tahanan di Rutan Cabang KPK 63 orang," kata Febri dalam keterangan tertulis.

Sebanyak 63 tahanan KPK ini berasal dari rutan di belakang Gedung Merah Putih KPK, rutan di kawasan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, dan rutan Pomdam Jaya Guntur.

Sedangkan untuk tahanan KPK lain yang dititipkan di luar Rutan Cabang KPK akan mengikuti prosedur sesuai lokasi penahanan masing-masing.

"(Yang) dititipkan di Rutan lain di Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya dan Maluku, 105 orang," kata Febri. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved