ASDP Kupang Siapkan Tiga Kapal Angkut Peziarah Semana Santa Larantuka Usai Coblos Pemilu

Sebanyak tiga unit kapal disiapkan PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengangkut peziarah Semana Santa

ASDP Kupang Siapkan Tiga Kapal Angkut Peziarah Semana Santa Larantuka Usai Coblos Pemilu
pos kupang
Prosesi Jumat Agung Larantuka 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Sebanyak tiga unit kapal disiapkan PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengangkut peziarah yang akan mengikuti ritual keagamaan Semana Santa di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur.

Semana Santa adalah upacara tradisi untuk merayakan pekan suci Paskah di Flores Timur, yang sudah berlangsung lebih dari lima abad.

Ribuan umat Katolik dari Timor, Sumba, Flores hingga luar NTT, akan berkunjung ke Larantuka.

General Manager PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang Burhan Zahim mengatakan, tiga kapal itu akan mengangkut ribuan peziarah dari Pulau Timor.

"Tiga kapal itu yakni KMP Lakaan, Ile Mandiri dan Ile Ape," ucap Burhan, kepada Kompas.com, Senin (15/4/2019).

Tiga kapal itu, lanjut Burhan, akan diberangkatkan empat kali dalam pekan ini, yakni hari Minggu, Selasa, Rabu, dan Kamis.

Tiga kapal itu akan bertolak dari Pelabuhan Penyeberangan Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, menuju Pelabuan Larantuka, Flores Timur.

"Kami berharap, pelayaran bisa berjalan dengan lancar, sehingga umat bisa mengikuti ziarah dengan baik," ucap dia.

PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggratiskan tiket bagi peziarah yang akan mengikuti ritual keagamaan Semana Santa di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur setelah coblosan 17 April 2019.

General Manager PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang Burhan Zahim kepada Kompas.com Senin (15/4/2019) mengatakan, para peziarah akan diangkut dengan armada kapal Fery, dari Pelabuhan Penyeberangan Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, menuju Pelabuhan Larantuka.

“Kapal yang akan mengangkut peziarah diberangkatkan pada 17 April sore setelah pemilih selesai coblos di TPS. Khusus untuk 19 April sore ini gratis," ungkap Burhan.

"Mereka juga mendapat makanan gratis di kapal. Namun seluruh peziarah diwajibkan mendaftar ke kantor PT ASDP Cabang Kupang," kata Burhan.

Burhan menargetkan, peziarah yang akan berangkat ke Larantuka seusai pencoblosan di TPS berjumlah sekitar 600 orang atau sesuai daya angkut kapal.

Para peziarah, berasal dari Pulau Timor, Sumba dan sejumlah pulau lainnya di NTT.

(kompas.com)

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved