Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Terlebih Dahulu? Ini Penjelasannya!

Apakah bila ingin melaksanakan salat sunnah tahajud memang harus sesudah tidur terlebih dulu? Ini penjelasannya.

Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Terlebih Dahulu? Ini Penjelasannya!
kolase/konsultasifiqih
Sholat Tahajud 

Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Terlebih Dahulu? Ini Penjelasannya!

POS-KUPANG.COM- Apakah bila ingin melaksanakan salat sunnah tahajud memang harus sesudah tidur terlebih dulu?

Dalam kajian Halaqah yang dimuat Tribun Jateng  disebutkan secara bahasa, tahajud berasal dari kata kerjatahajjada yang berarti bangun dari tidur.

Sedangkan menurut istilah, shalat tahajud berarti melaksanakan salat sunnah di waktu malam hari sesudah tidur (Muhammad Syata, ‘Ianatut Thalibin, Jilid I, tt, 267).

Jadi, syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat tahajud ialah tidur terlebih dahulu, walaupun cuma sebentar.

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Tahajud yang Benar? Ternyata Ini Jumlah Rakaat yang Sesuai Tuntutan Nabi

Dasar hukumnya ialah firman Allah yang artinya, dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji (QS. 17:79).

Menurut riwayat Abu Hurairah, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, salat (sunnah) yang paling utama dikerjakan setelah salat wajib adalah salat di tengah malam (shalat tahajud) (IbnHajar al-Asqalani, Bulughul Maram, tt, 74). Adapun sebelum melakukan salat tahajud, disunnahkan menggosok gigi (bersiwak) terlebih dahulu (Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, Juz II, 81).

Mengenai bilangan rakaat tahajud, para ulama’ berselisih pendapat, ada yang berpendapat bilangan tahajud maksimal sebanyak duabelas rakaat (Zainuddin Malibari, Fathul Mu’in, tt, 33).

Dalam riwayat Ibn Abbas, bilangan tahajud sebanyak sepuluh rakaat. Sedangkan riwayat dari Aisyah menyebutkan bahwa bilangan tahajud sebanyak delapan rakaat (WahbahZuhaili, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, Juz II, 81).

Sholat Tahajud Bisa Sekaligus Sholat Hajat, Ini Penjelasannya

Adapun waktu yang paling utama mengerjakan salat tahajud ialah pada waktu sahur, dianjurkan pula setelahnya untuk memperbanyak istighfar dan berdoa (Zainuddin Malibari, FathulMu’in, tt, 33), sebagaimana firman Allah, yang artinya, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah) (QS. Adz-Dzariyat: 18).

Halaman
12
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved