Pemilu 2019 di Kabupaten Ende- Warga Ende Coblos di 882 TPS

jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Ende bertambah menjadi 882 buah untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres dibandingkan dengan jumlah TPS

Pemilu 2019 di Kabupaten Ende- Warga Ende Coblos di 882 TPS
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Ketua KPU Ende,Adolorata M.D Bi. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Warga masyarakat Kabupaten Ende akan mencoblos pada pelaksanaan Pemilu, Rabu (17/4/2019 di 882 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 21 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ende.

Ketua KPU Kabupaten Ende, Adolorata M da Lopez mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Selasa (16/4/2019) ketika dikonfirmasi mengenai keberadaan TPS di Kabupaten Ende saat Pemilu 2019.

Wanita yang disapa Merry mengatakan bahwa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Ende bertambah menjadi 882 buah untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres dibandingkan dengan jumlah TPS pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende sebanyak 675 buah.

Merry mengatakan bahwa penambahan jumlah TPS untuk Pilpres maupun Pemilu Legislatif dikarenakan adanya aturan yang mewajibkan bahwa idealnya jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 300 orang pemilih.

Liga Inggris- Pelatih Manchester City Tak Ingin Timnya Tergelincir di 5 Sisa Laga

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut maka pada pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 jumlah TPS ditambah dari 675 TPS pada Pilkada menjadi 882 TPS.

Dikatakan pada pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 jumlah surat suara untuk satu pemilh ada 5 lembar masing-masing DPRD 1 dan DPRD 2 juga DPR RI dan DPD serta surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Maka untuk mempercepat pelaksanaan pencoblosan di TPS jumlah TPS ditambah sehingga pemilih bisa terbagi ke beberapa TPS dari sebelumnya mungkin terpusat pada satu atau dua TPS yang ada.

Merry mengatakan pihaknya berharap agar dengan bertambahanya jumlah TPS maka diharapkan agar pelaksanaan Pemilu legislatif 2019 dan juga Pilpres RI tahun 2019 bisa berjalan dengan baik serta selesai tepat waktu.

Merry mengatakan bahwa khusus untuk Kabupaten Ende pada pelaksanaan Pilkada terdapat 675 TPS sehingga dan dengan jumlah TPS yang ada rata-rata pemilih di setiap TPS sebanyak 500 orang. Jumlah tersebut dirasa kurang ideal karena idealnya satu TPS sebanyak 300 orang pemilih maka untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres jumlah TPS ditambah menjadi 882 TPS. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved