Maumere Divers Community dan Maumere Freedive Melakukan Hal Ini Untuk Kelestarian Laut

Maumere Divers Community dan Maumere Freediving melakukan hal ini untuk kelestarian lingkungan laut di Maumere

Maumere Divers Community dan Maumere Freedive Melakukan Hal Ini Untuk Kelestarian Laut
Maumere Diver Community untuk POS-KUPANG.COM
KEGIATAN - Aksi anggota komunitas Maumere Diver Community dan Maumere Freedive saat membersihkan bawah laut di lepas Pantai Maumere, belum lama ini.

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Geliat perkembangan komunitas di beberapa kota di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur menunjukkan tren yang positif, misalnya, di Kota Maumere.

Masyarakat, terutama generasi milenial di Nian Sikka lambat laun sudah mulai memahami pentingnya komunitas sebagai wadah sosialisasi, inovasi serta pengembangan diri akan minat-minta tertentu.

Salah satu komunitas yang sangat inspiratif di Kota Maumere adalah Maumere Divers Community dan Maumere Freediving. Mikael Jefrison Leo mengungkapkan dalam salah satu sesi pemotretan bawah laut belum lama ini, ia turut ambil bagian di dalamnya.

Tak Sulit, Begini Cara Mudah Menghilangkan Perut Buncit yang Terbukti Ampuh!

Seluruh Logistik Pemilu Nasional di  Sikka Sudah Didistribusikan

Sebagai salah satu pecinta diving, kesempatan ini tentu sangat berharga. Menurut Bang Jeff, demikian ia disapa, pemotretan bawah laut adalah satu upaya promosi pariwisata daerah dan upaya konservasi bahari yang kerap kali dilakukan Maumere Divers Community.

"Jadi komunitas ini tidak hanya asal menyelam untuk kesenangan, tapi ada misi lingkungan hidup juga," tandasnya.

Yohanes Saleh, salah seorang perintis berdirinya Maumere Divers Community ini mengakui bahwa potensi kekayaan bahari Maumere sudah sangat luar biasa. Hanya yang kurang dan dirasa perlu adalah, menurut mantan tour guide profesional yang kini berprofesi sebagai penyelam senior menuturkan, proses regenerasi dari para penyelam yang harus diperkuat.

BPJS Keshatan Maumere Bayar Klaim dan Kapitasi Rp 6,5 Miliar

Warga Paan Leleng Amankan Pelaku Money Politik

"Di sini ibaratnya, yang dive guidenya senior-senior semua, lalu anak mudanya kemana?" katanya.

Dia menyoroti keterlibatan pemuda-pemudi Maumere dalam dunia selam bawah air masih kurang. Maka dari itu, Maumere Divers Community dibentuk sebagai wadah edukasi dan promosi terutama bagi para pemuda-pemudi Maumere.

"Mereka perlu disadarkan akan pentingnya menjaga kelestarian bawah laut dan sebagai wadah penggemblengan agar nantinya warga Maumere tidak menjadi 'penonton' di rumah sendiri, tapi bisa menjadi aktor utama dalam mengenalkan potensi wisata bawah laut kepada pihak luar," katanya.

Yohanes Saleh dan Jimmy Duna yang juga perintis MDC menjelaskan komunitas ini baru seumur jagung. "Kami berdiri baru bulan September 2018 lalu," ujar Jimmy.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved