KPU Gelar Lomba Menghias TPS

KPUD Lembata tak hanya melaksanakan hajatan untuk pencoblosan saja tapi menggelar lomba menghias TPS

KPU Gelar Lomba Menghias TPS
POS-KUPANG.COM/ Frans Krowin
Logistik pilpres dan pileg yang sudah disiapkan KPUD Lembata untuk didistribusikan ke TPD-TPS di daerah itu. Gambar diabadikan, Selasa (16/4/2019). 

KPU Gelar Lomba Menghias TPS

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM | LEWOLEBA- Pelaksanaan pilpres dan pileg kali ini, KPUD Lembata tak hanya melaksanakan hajatan untuk pencoblosan saja. Penyelenggara pemilu itu juga menggelar lomba menghias tempat pemungutan suara (TPS).

Hal itu diungkapkan Sekretaris KPUD Lembata, El Mandiri, ketika ditemui Pos Kupang.Com, Selasa (16/4/2019). "Tahun ini diselenggarakan pula lomba menghias TPS. TPS yang unik, ramah dan yang memenuhi beberapa kriteria lainnya, akan terpilih sebagai juara," ujarnya.

Dikatakannya, lomba itu untuk seluruh TPS di setiap kecamatan. Hadiah yang disiapkan yakni Rp 1 juta untuk peraih juara pertama, Rp 850.000 untuk TPS terbaik kedua dan Rp 750.000 untuk TPS terbaik ketiga. Penilaian itu dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di setiap kecamatan.

Bawaslu Ende Ingatkan Caleg Untuk Tidak Lagi Berkampanye

Ada pun indikator penilaian TPS terbaik itu, lanjut El Mandiri, yakni kreatif, ramah terhadap pemilih dan penyandang cacat, aksesoris TPS, tata busana yang dikenakan para petugas, ramah lingkungan, partisipasi para pemilih saat pelaksanaan pencoblosan dan beberapa kriteria lainnya.

Mengenai informasi tentang lomba TPS tersebut, ungkap El Mandiri mengungkapkan, telah diumumkan kepada masyarakat. Untuk itu, partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan lomba tersebut.

Dia menyebutkan, lomba menghias TPS itu, merupakan salah satu kiat KPU untuk merangsang masyarakat, dalam hal ini, para pemilih untuk datang ke TPS dan menunaikan hak suaranya. Lebih dari itu, KPU ingin memperlihatkan bahwa pelaksanaan pencoblosan itu merupakan pesta demokrasi sehingga harus diselenggarakan pula secara baik demi kepentingan bersama.

Distribusi Logistik ke Pulau Terluar, Lantamal VII Kerahkan Kapal Perang Weling

"Kalau TPS dihias baik-baik dan indah dipandang mata, maka itu akan mengundang masyarakat datang ke TPS dan memberikan suara saat hari H, pada Rabu (17/4/2019). Jadi lomba yang diselenggarakan itu mengandung makna yang demikian," ujar El Mandiri.

Menurut dia, pihaknya sangat optimis kalau pemilu 2019 kali ini akan berlangsung baik seperti yang diharapkan. Keterlibatan pemilih juga pasti baik, karena lembaga itu telah melakukan pelbagai hal untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Belum lagi, lanjut dia, para peserta pemilu juga sangat aktif melakukan sosialisasi tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat pada moment akbar tersebut. Ia berharap semua komponen bahu membahu membantu KPU untuk menyukseskan perhelatan akbar pemilihan umum kali ini. Keterlibatan semua elemen, sangat menentukan berhasil tidaknya pemilu.

Besok Coblosan, Inilah 40 Lembaga yang Bakal Gelar Quick Count, Simak Live Streaming POS-KUPANG.COM

Dia menambahkan, dalam pemilu kali ini, jumlah pemilih lebih dari 82 ribu orang. Para pemilih tersebut tersebar di 378 TPS se-Kabupaten Lembata. TPS itu terbanyak di wilayah Kedang (Kecamatan Omesuri dan Buyasuri), sebanyak 109 TPS, disusul Kecamatan Nubatukan 97 TPS dan lainnya tersebar di kecamatan lain, seperti Nagawutun, Wulandoni, Atadei, Lebatukan, Ile Ape dan Ile Ape Timur.

"Jikalau semua pemilih terlibat aktif, maka pesta demokasi yang akan terlaksana Rabu (17/4/2019), diestimasikan akan berjalan baik seperti yang diharapkan," ujar El Mandiri. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved