Hingga H-1, Kekurangan Kotak PPK, Bilik Suara dan C1 Plano Tak Kunjung Dikirim KPU RI

Hingga H-1 pelaksanaan pemilu 2019, KPU Kabupaten TTS masih mengalami kekurangan logistik diantaranya kotak PPK, bilik suara dan C1 plano.

Hingga H-1, Kekurangan Kotak PPK, Bilik Suara dan C1 Plano Tak Kunjung Dikirim KPU RI
Pos Kupang.com/dion kota
Petugas sedang mengangkat bilik suara yang terbuat dari alumunium untuk dimuat ke atas mobil truk.  

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Hingga H-1 pelaksanaan pemilu 2019, KPU Kabupaten TTS masih mengalami kekurangan logistik diantaranya kotak PPK, bilik suara dan C1 plano.

Pasalnya logistik pemilu tersebut tak kunjung dikirimkan KPU RI.

Ketua divisi penyelesaian sengketa, Bawaslu Kabupaten TTS, Aryandi Amirudin mengatakan, berdasarkan pantauan Bawaslu Kabupaten ada 130 bilik suara dan 130 kotak PPK yang tidak dikirimkan oleh KPU RI hingga H-1 pelaksanaaan pemilu.

Oleh sebab itu, KPU Kabupaten TTS mengambil langkah antisipasi dengan menggunakan kotak suara dan bilik suara Pilkada TTS yang terbuat dari alumunium sebagai gantinya.

Selain kotak dan bilik suara, KPU kabupaten TTS juga masih kekurangan C1 Plano untuk 75 TPS yang tersebar di beberapa kecamatan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten TTS untuk bisa segera mengadakan C1 Plano agar bisa segera didistribusikan ke TPS.

" Bilik dan kotak suara yang kurang informasinya memang tidak dikirimkan penggantinya oleh KPU RI sehingga menggunakan kotak suara dan bilik bekas Pilkada TTS lalu," ungkap Amirudin.

Terpisah Ketua KPU Kabupaten TTS, Matheus Krivo membenarkan adanya kotak PPK, bilik suara dan C1 Plano yang kurang karena tidak dikirimkan penggantinya oleh KPU RI.

Namun KPU RI telah mengeluarkan surat edaran kepada satker di bawah (KPU Kabupaten TTS) untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menggunakan kotak suara dan bilik suara bekas Pilkada lalu.

Sedangkan untuk C1 Plano, KPU Kabupaten TTS sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi NTT guna melakukan pengadaan C1 Plano pengganti. Direncanakan esok pagi baru C1 plano untuk 75 TPS akan diantarkan.

" Kalau data pasti berapa banyak bilik dan kotak suara yang kurang sayang tidak hafal ya. Namun memang cukup banyak. Sedangkan untuk C1 Plano yang kurang sudah dilakukan pengadaan oleh KPU Propinsi NTT dan besok pagi kita antar ke TPS," ujarnya.

Pantauan pos Kupang, proses pendistribusian logistik pemilu sendiri mengalami hambatan karena kekurang logistik yang masih dialami hingga H-1.

Pendistribusian logistik Pemilu berlangsung hingga malam hari dengan kecamatan kota Soe sebagai kecamatan terakhir yang dilakukan distribusi. Nampak, proses distribusi sendiri mendapatkan pengawalan dari anggota polisi dan TNI. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved