Dini Hari Tadi KPU Lembata Baru Terima Surat Suara

Baru dini hari tadi, Selasa (15/4/2019) sekitar pukul 01.00 Wita, KPUD Lembatamenerima penggantian surat suara untuk pilpres dan pileg.

Dini Hari Tadi KPU Lembata Baru Terima Surat Suara
POS-KUPANG.COM/ Frans Krowin
Sebagian surat suara masih berada di KPU Lembata, Selasa (16/4/2019) 

Dini Hari Tadi KPU Lembata Baru Terima Surat Suara

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM | LEWOLEBA- Baru dini hari tadi, Selasa (15/4/2019) sekitar pukul 01.00 Wita, KPUD Lembatamenerima penggantian surat suara untuk pilpres dan pileg.

Surat suara itu tiba di Lembata setelah KPU mencarter kapal cepat fantasi express untuk menjemputnya di Pelabuhan Larantuka Senin (15/4/2019) malam.

Hal ini dibenarkan Ketua KPUD Lembata, Elias Kaluli Making, ketika ditemui Pos Kupang.Com di Sekretariat KPUD Lembata, Selasa (16/4/2019).

Pesawat Herkules Hantar Surat Suara di Bandara Komodo Labuan Bajo, Logistik Pemilu Lengkap

"Benar, surat suara itu baru tiba di Lembata sekitar pukul 00.00 Wita. Makanya setelah terima, petugas langsung melipat surat suara itu," ujarnya

Dia mengatakan, surat suara yang baru tiba itu sebanyak 14.633 lembar. Jumlah itu merupakan total kekurangan yang harus segera diganti agar untuk selanjutnya didistribusi ke tingkat kecamatan (PPK).

Pada Senin (15/4/2019), katanya, KPU Lembata telah mendistribusi kotak-kotak suara ke PPK. Kecamatan-kecamatan terjauh, seperti Omesuri dan Buyasuri di Kedang, Wulandoni, Atadei dan Nagawutun juga Kecamatan Lebatukan sudah dikirim kotak-kotak suara tersebut. Sementara dua kecamatan lain, yakni Ile Ape dan Kecamatan Ile Ape Timur dikirim ke PPK pada Selasa (16/4/2019) dini hari.

Sedangkan pada siang harinya, KPU tinggal mendistribusi kotak suara ke Kecamatan Nubatukan. Di kecamatan ini, pendistribusiannya dimulai dari desa terjauh, seperti Udak dan beberapa desa lain, seperti Bour.

Setelah itu baru distribusi ke seluruh kelurahan di kota Lewoleba.

Polres Sumbar Kerahkan 80 Personil Kawal Pendistribusian Logistik

Mengingat hari H pencoblosan tinggal sehari saja, yakni Rabu (17/4/2019), maka pendistribusian kotak suara di Kecamatan Nubatukan tidak lagi ke PPK melainkan langsung ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayah masing-masing.

Pola pendistribusian tersebut, katanya, dilakukan bersamaan dengan pendistribusian yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke seluruh TPS yang tersebar di semua desa di kecamatan-kecamatan.

"Untuk Kecamatan Nubatukan, pendistribusiannya langsung ke TPS-TPS," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pendistribusian kotak-kotak suara itu tidak menemui hambatan yang berarti.

Pendistribusian juga dalam pengawalan ketat aparat kepolisian, sehingga sejak keluar dari halaman KPUD Lembata sampai tiba di tempat tujuan, perjalanan tim distribusi kotak suara itu berjalan lancar. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved