Bawaslu TTU Tetap Lakukan Patroli Pengawasan dan Pantau Kampanye di Medsos

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara TTU Tetap Lakukan Patroli Pengawasan dan Pantau Kampanye di Medsos.

Bawaslu TTU Tetap Lakukan Patroli Pengawasan dan Pantau Kampanye di Medsos
pos-kupang.com
Surat klarifikasi dari Bawaslu TTU yang diterima POS-KUPANG.COM 

Bawaslu TTU Tetap Lakukan Patroli Pengawasan dan Pantau Kampanye di Medsos

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengaku keliru dalam menyampaikan pernyataan tentang masa tenang seperti yang dimuat dalam Harian Pos Kupang Cetak dan POS-KUPANG.COM.

Atas kekeliruan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo melalui surat dengan Nomor: 64/Bawaslu.TTU/IV/2019 perihal klarifikasi berita menyatakan bahwa, sehubungan dengan berita pada Surat Kabar Harian Pos Kupang tanggal 16 April 2019 halaman 11 dengan Judul: Kampanye Lewat Medsos Diberbolehkan” dan juga Berita Online Pos Kupang dengan judul: “Meskipun Masa Tenang, Bawaslu TTU Perbolehkan Kampanye Lewat Medsos”, maka dengan ini, dirinya perlu melakukan klarifikasi sebagai berikut:

Pertama, jelas Martinus, bahwa terkait berita tersebut Bawaslu TTU keliru dalam memberikan pernyataan sebagaimana diberitakan tersebut. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat tidak salah menafsirkan pernyataan tersebut.

Surat klarifikasi dari Bawaslu TTU yang diterima POS-KUPANG.COM
Surat klarifikasi dari Bawaslu TTU yang diterima POS-KUPANG.COM (pos-kupang.com)

Meskipun Masa Tenang, Bawaslu TTU Perbolehkan Kampanye Lewat Medsos

Kedua, ungkap Martinus, bahwa Bawaslu TTU secara tegas menghimbau agar selama masa tenang, segala jenis kampanye dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan baik itu di media sosial ataupun tempat lain.

Ketiga, ungkap Martinus, bahwa Bawaslu TTU bersama jajarannya akan melakukan patroli pengawasan untuk mencegah terjadinya money politik, kampanye terselubung dan juga pengawasan di medsos.

Keempat, tambah Martinus, bahwa Bawaslu TTU kesulitan dalam memantau akun-akun perorangan yang melakukan kampanye medsos. Untuk itu, pihaknya mengharapkan semua pihak agar membantu mengawasi dan mencegah sebagai bentuk pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo
Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo (POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI)

Kelima, jelas Martinus, bahwa Bawaslu TTU tetap merujuk pada regulasi bahwa jika dalam masa tenang ditemukan adanya pihak-pihak yang melakukan kampanye, maka Bawaslu TTU akan menindak dengan tegas sesuai pasal 492 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Keenam, harap Martinus, bahwa terkait berita tersebut pihaknya memohon kepada Pimpinan Redaksi Pos Kupang agar menayangkan pernyataan klarifikasi tersebut. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved