Bawaslu Sumbar Soroti Tak Tersedia TPS Khusus Lapas

- Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat, Yusti Rambu Karadji, STh menyoroti tidak tersedianya TPS khusus di Lapas Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat

Bawaslu Sumbar Soroti Tak Tersedia TPS Khusus Lapas
POS-KUPANG.COM/ PETRUS PITER
Ketua Bawaslu SB, Yusti Rambu Karadhi, STh

Bawaslu Sumbar Soroti Tak Tersedia TPS Khusus Lapas

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK- Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat, Yusti Rambu Karadji, STh menyoroti tidak tersedianya TPS khusus di Lapas Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Dampaknya,  200-an warga binaan Lapas Waikabubak tidak dapat menggunakan hak suaranya.

Bila hal itu sampai benar-benar terjadi berarti telah melanggar hak politik seseorang.

Karena itu sampai saat ini, Bawaslu Kabupaten Sumba Barat masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu Propinsi dan Bawaslu pusat untuk merekomendasikan kepada KPU Sumba Barat solusi mengatasi persoalan itu. Dengan demikian, hak politik warga binaan Lapas Waikabubak dapat berjalan baik.

Bawaslu Sumba Barat Hentikan Pertemuan Parpol Dan Para Saksi

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat, Yusti Rambu Karadji, STh menyampaikan hal itu di selah-selah menghadiri acara pendistribusian logistik pemilu di kantor KPU Sumba Barat, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya di kompleks lapas itu hanya terdapat 32 DPT sehingga surat suara yang tersedia terbatas pula. Sedangkan sekitar 200 an warga binaan Lapas waikabubak meskipun telah mengantongi A5 (kartu pindah memilih) terancam tidak dapat mencoblos karena tidak tersedianya surat suara.

Untuk itu, ia berharap Bawaslu RI dan Bawaslu NTT dapat memberikan petunjuk sehingga segera merekomendasikan ke KPU Sumba Barat untuk menyelesaikannya.

Sebelumnya diberitakan media ini, 95 warga binaan lapas Waikabubak terancam tidak menggunakan hak politik pada tanggal 17 April 2019 karena tidak tersedia surat suara.

Dini Hari Tadi KPU Lembata Baru Terima Surat Suara

Kondisi itu berbeda dengan penyelenggaraan pemilu sebelumnya yang biasanya menyediakan TPS khusus Lapas senua warga binaan yang memenuhi syarat dapat memilih. Pemilu kali ini hanya menyedia satu tps umum di Lapas Waikabubak dengan DPT 32 orang. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved