Jelang Hari Pencoblosan, Bawaslu Ingatkan Petugas di TPS Profesional

Jelang hari pencoblosan ini, Bawaslu mengingatkan petugas di tempat pemungutan suara ( TPS) sebagai bagian dari penyelenggara pemilu untuk profesionel

Jelang Hari Pencoblosan, Bawaslu Ingatkan Petugas di TPS Profesional
Kompas.com
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar 

Jelang Hari Pencoblosan, Bawaslu Ingatkan Petugas di TPS Profesional

POS-KUPANG.COM- Anggota Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan, penyelenggara pemilu yang bersih merupakan salah satu hal fundamental dalam mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Jelang hari pencoblosan ini, dia pun mengingatkan petugas di tempat pemungutan suara ( TPS) sebagai bagian dari penyelenggara pemilu untuk profesional.

"Apakah KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), pengawas di TPS, mampu menjalankan tugas dengan benar? Karena kita lihat ini ada 5 kertas suara yang harus dicoblos," ujar Fritz dalam sebuah diskusi di Jalan Wahid Hasyim, Sabtu (13/4/2019).

Hal teknis seperti ini bisa memengaruhi penyelenggaraan pemilu. Pertama, petugas di TPS harus memastikan pemilih memasukan surat suara ke dalam kotak yang sesuai dengan tingkatan pemilihannya.

"Kita saja ke TPS bawa 5 kertas suara, apakah tahu surat suara yang hijau, yang abu-abu harus ditaruh di kotak suara yang mana?" ujar Fritz.

Penjelasan soal Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Belum lagi jika menghadapi pemilih yang pindah TPS. Fritz mengatakan, pemilih yang pindah TPS biasanya tidak bisa mencoblos semua surat suara.

Petugas di TPS harus bisa mengategorikan surat suara apa saja yang menjadi hak pemilih tersebut. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebenarnya sudah memberikan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) untuk petugas KPPS.

Namun, pada umumnya hanya 2 anggota KPPS di tiap TPS yang mendapatkan pelatihan. Anggota KPPS lain yang jumlahnya sekitar 4 orang diminta belajar dari 2 orang yang menerima bimtek.

"Apakah kita bisa berharap 2 orang yang dibimtek itu bisa memberi tahu 4 orang lainnya?" kata dia. Oleh karena itu, petugas di TPS dituntut untuk bekerja profesional.

Fritz juga berharap saksi dari partai di TPS bisa ikut mengawasi kinerja petugas di lapangan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Hari Pencoblosan, Bawaslu Ingatkan Petugas di TPS untuk Profesional

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved