Korupsi Sail Komodo 2013, Gabriel Kusno Diputus 18 Bulan Penjara

Terdakwa Gabriel P Kusno, direktur CV Anugrah Sejati, rekanan dalam pengadaan langsung program pengembangan pemasaran pariwisata dan program pengelola

Korupsi Sail Komodo 2013, Gabriel Kusno Diputus 18 Bulan Penjara
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Terdakwa Gabriel P. Kusno usai mengikuti sidang putusan kasusnya di ruang sidang 2 Pengadilan Tipikor Kelas 1 Kupang NTT pada Kamis (12/4/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Terdakwa Gabriel P Kusno, direktur CV Anugrah Sejati, rekanan dalam pengadaan langsung program pengembangan pemasaran pariwisata dan program pengelolaan keberagaman budaya pada Sail Komodo tahun 2013 akhirnya diputus dalam Sidang Putusan di Pengadilan Tipikor Kelas 1 Kupang pada Kamis (12/4/2019) sore.

Dalam sidang tersebut, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kelas 1A Kupang menjatuhkan vonis kepada terdakwa Gabriel P. Kusno dengan hukuman pidana 1, 6 tahun atau 18 bulan penjara dengan denda Rp 50 juta subsider kurungan satu (1) bulan penjara.

Ini Daftar Top Skor Piala Presiden 2019

Putusan ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ari Wibowo SH yang menuntut dengan hukuman yang sama.

Dalam persidangan yang dipimpin oleh hakim ketua Prasetio Utomo, SH dan didampingi hakim anggota Ali Muhtatom, SH,MH dan Gustap PM. Marpaung, SH terungkap bahwa terdakwa Gabriel P. Kusno terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan Sail Komodo di Kabupaten Manggarai Barat

pada tahun anggaran 2013 dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp4 miliar, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manggarai Barat sebesar Rp 4 miliar,

serta dana hibah dari Kementerian Pariwisata RI sebesar Rp 4 miliar. Tindakan korupsi ini menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 487 juta.

Majelis hakim menyatakan terdakwa Gabriel P. Kusno terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama sama dalam proyek pembangunan Sail Komodo pada tahun 2013 itu sebagaimana dalam dakwaan subsidair.

Selain itu,majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa Gabriel P. Kusno untuk membayar pengganti kerugian keuangan negara sebesar Rp154.954.226,15.

Kompensasi uang tersebut telah dititipkan sebelumnya oleh terdakwa melalui jaksa penuntut umum dengan nominal yang sama.

Majelis hakim dalam sidang tersebut menyatakan bahwa terdakwa Gabriel P. Kusno terbukti bersalah melanggar Pasal 3 jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) serta Peraturan perundang-undangan lainnya.

Terdakwa Gabriel P. Kusno melalui tim kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir terhadap putusan ini. Sedang, Jaksa Penuntut Umum pada Kejari Manggarai menyatakan akan berkoordinasi dengan atasan.

Dalam sidang putusan uang terbuka untuk umum itu, terdakwa Gabriel P. Kusno didampingi oleh ketua tim kuasa hukumnya, George D Nakmofa, SH,MH dari tiga kuasa hukum bersama Meriyeta Soruh, SH dan Lely Marley Fanggidae, SH. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved