Begini Cara Memilih dan Memakai Helm yang Benar

Helm merupakan salah satu atribut penting yang wajib digunakan setiap pengendara saat berkendara. Ini cara pakai helm yang benar

Begini Cara Memilih dan Memakai Helm yang Benar
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS
Mas Arditya, Instruktur Safety Riding sedang membawakan materi Safety Riding di Kantor Pos Kupang, Jumat (12/4/2019). 

Begini Cara Memilih dan Memakai Helm yang Benar

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Helm merupakan salah satu atribut penting yang wajib digunakan setiap pengendara saat berkendara.

Dengan menggunakan helm, pengendera bisa terhindar dari debu atau angin, terutama melindungi pengendara dari resiko kecelakaan.

Demikian dijelaskan oleh Arditya Elva Hardani, Instruktur Safety Riding dari PT Mitra Pinasthika Mulia saat memberikan sosialisasi safety riding kepada para guru dan Murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota di Kantor Pos Kupang, Jumat (12/4/2019).

Guru dan Murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota Kupang Belajar Safety Riding

Ia menjelaskan, helm standar yang diajurkan kepada pengendara, yaitu SNI (Standar Nasional Indonesia) dan DOT (Departement Of Transportation).

Lanjutnya, ada dua jenis helm yang biasa digunakan pengendara, yakni, half head (tidak ada pelindung dagu) dan full head.

"Untuk perjalanan jauh misalnya kita mau touring, sebaiknya kita pakai yang full head, karena kecepatan kita berkendara biasanya 60 Km/Jam ke atas," ungkapnya.

Ia mengatakan, pengandara sebaiknya memilih helm yang proporsional, jangan terlalu besar atau kecil, sebab akan sangat mengganggu saat berkendara.

Selain itu, sebelum berkendara, pastikan helm dikunci dengan benar, sampai klik."Kalau helm tidak klik, saat anda jatuh, helm akan terlepas dari kepala. Jadi harus pastikan terkunci dengan benar," tegasnya.

Kapolres, Dandim dan Bupati TTS Pimpin Pawai Kendaraan Safety Riding

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved