Pemilu di NTT - Flotim Masuk Daerah Rawan

Kabupaten Flores Timur (Flotim) masuk kategori daerah yang rawan pemilu 2019 di NTT atau Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi. IKP ini dinilai

Pemilu di NTT - Flotim Masuk Daerah Rawan
pos kupang.com, oby lewanmeru
thomas jawa kpu ntt 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Kabupaten Flores Timur (Flotim) masuk kategori daerah yang rawan pemilu 2019 di NTT atau Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi. IKP ini dinilai dari sisi pelakanaan pemilu yang bebas dan adil.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu NTT, Thomas M Djawa,S.H saat dihubungi Selasa (9/4/2019).

Menurut Thomas, IPK itu sudah ditetapkan oleh Bawaslu RI untuk NTT, IPK tertinggi di Flotim. Sedangkan untuk tingkat NTT, IPK ada pada 50,76.

Dikatakan, ada empat kriteria yang ditetapkan oleh Bawaslu RI, terkait IPK , yakni terkait pelanggaran , kontestasi politik, sosial politik dan pelaksanaan pemilu yang adil

"Dari indeks kerawanan itu,kita sudah lakukan koordinasi dengan Bawaslu kabupaten dan kota serta stakeholder dalam rangka bersama untuk mencegah kerawanan-kerawanan tersebut," kata Thomas.

Dijelaskan, upaya lain yang dilakukan Bawaslu NTT, yakni memperketat pengawasan dan pencegahan dini pada titik -titik kerawanan.

" Kami lakukan berbagai kegiatan dengan teman-teman Bawaslu kabupaten dan kota serta melibatkan pihak berkepentingan yang mempunyai kepentingan sehingga bisa mencegah hal-hal yang mengakibatkan adanya kerawanan pemilu," katanya.

Dikatakan, dengan pengawasan partisipatif yang digagas selama ini, maka pihaknya yakin dapat mencegah berbagai upaya pihak-pihak tertentu yang ingin mengganggu pelaksanaan pemilu di NTT.

"Kami juga akan melihat tahapan yang dilakukan KPU, seperti tahapan kampanye yang sudah selesai dan berjalan normal," katanya. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved