Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Serahkan KM Kendhaga Nusantara 11 untuk NTT

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Serahkan KM Kendhaga Nusantara 11 untuk NTT

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Serahkan KM Kendhaga Nusantara 11 untuk NTT
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Ditjen Perhubungan Laut, Dr. Capt. Wisnu Handoko (tengah) bersama rombongan memantau KM. Kendhaga Nusantara 11 di Pelabuhan Tenau Kupang, Sabtu (6/4/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, menyerahkan KM Kendhaga Nusantara 11 untuk beroperasi di wilayah perairan NTT.

Acara serah terima kapal angkutan barang tersebut berlangsung di Pelabuhan Tenau, Kupang Nusa Tenggara Timur, Sabtu (6/4/2019).

Serah terima dihadiri langsung oleh Ditjen Perhubungan Laut, Dr. Capt. Wisnu Handoko dan diterima oleh pihak pengelola dari PT Pelangi Tunggal Ika, Hanafi Wahyu.

Bawaslu NTT Beri Pelatihan Bagi Saksi Parpol

Ditemui POS-KUPANG.COM, usai serah terima, Wisnu menjelaskan, penyerahan KM. Kendhaga Nusantara 11 merupakan dukungan untuk konektivitas tol laut dalam rangka mewujudkan program Indonesia sebagai poros maritim.

Wisnu mengatakan, untuk provinsi Nusa Tenggara Timur, armada tol laut yang dikerahkan oleh pemerintah pusat sebetulnya cukup banyak.

Pasangan Bupati - Wakil Bupati Ende dan Bupati Ngada Kompak pakai Seragam putih

Di antaranya, enam kapal penumpang Pelni. "Tadi saya sudah cek, Kapal Bukit Siguntang, kondisinya bagus dan saya lihat penumpang lagi sibuk cek in," ungkapnya.

Lanjutnya, di Kupang 5 kapal perintis, Maumere 4 dan Waingapu 2. Untuk kapal angkutan barang totalnya 4 termasuk dengan KM. Kendhaga Nusantara 11.

Ia mengatakan kapal KM. Kendhaga Nusantara 11 akan mulai beroperasi pada hari Senin (8/4/2019).

Melayani penyelenggaraan tol laut pada trayek T -13 dengan menyinggahi pelabuhan Tenau - Rote - Sabu - Lamakera - Tenau dan Trayek T - 14 dengan menyinggahi Pelabuhan Tenau - Lewoleba - Tabilota - Larantuka - Marapokot - Tenau.

"Dengan adanya kapal milik negara yaitu kapal KM Kendhaga Nusantara 11 di pangkalan Tenau Kupang akan menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat NTT dan Pulau sekitarnya," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved