Cek Oli Mesin Motor Setiap Hari, Apakah Perlu?

Sepeda motor harus dirawat agar bisa tetap prima. Salah satunya adalah mengecek oli mesin setiap hari. Ini langkah lainnya yang harus dilakukan

Cek Oli Mesin Motor Setiap Hari, Apakah Perlu?
Pos Kupang.Com/Yen
COUNTER MPM -- Desain baru counter MPM Motor Honda, Rabu (27/3/2019). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Setiap orang pasti ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi yang prima. Anda perlu merawat sepeda motor.

Paling tidak sering melakukan pengecekan atau servis berkala di bengekel.

Berikut tips merawat motor yang diberikan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai main dealer motor Honda wilayah Jawa Barat.

Pertama, Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum mulai aktivitas.

Hari Ini Semua Provinsi Berlaku Samsat Online

Lomba Rias Pengantin Adat - Niko Bangga Perkenalkan Motif Bungtilu

Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin agar tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet.

"Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM dalam siaran resmi, beberapa waktu lalu

Kedua, Baterai Motor

Saat ini sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

"Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri," kata Ade.

Ketiga, pengecekan tekanan udara ban

Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

Keempat, servis rutin
Lakukan servis rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal.

Bagi pengguna motor Honda, lakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

Kelima, ganti komponen motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya.

"Dengan kita menjaga komponen motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima," ujar Ade. (kompas.com)

Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved