Puskesmas Watukapu Adakan Kaji Banding ke Puskesmas Kota Bajawa

kaji banding tersebut diharapkan mendapatkan banyak masukan sehingga ada hal baru yang akan diterapkan di Puskesmas Watukapu.

Puskesmas Watukapu Adakan Kaji Banding ke Puskesmas Kota Bajawa
Foto Tim kaji banding dari Puskesmas Watukapu untuk POS-KUPANG.COM
Tim kaji banding dari Puskesmas Watukapu pose bersama pihak Puskesmas Kota Bajawa di Bajawa Kabupaten Ngada, Selasa (2/4/2019). Area lampiran 

Puskesmas Watukapu Adakan Kaji Banding ke Puskesmas Kota Bajawa

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Tim dari Puskesmas Watukapu melakukan kaji banding ke Puskesmas Kota Bajawa di Kota Bajawa Kabupaten Ngada.

Kepala Puskesmas Watukapu, Martin Ndona, kepada POS KUPANG.COM, mengatakan, kaji banding adalah proses belajar yang dilakukan pada tempat yang kinerjanya lebih baik dan selanjutnya ditiru dan dilaksanakan dengan tujuan agar kinerja ditempat kita akan meningkat pula.

"Alasan memilih di Puskesmas Kota Bajawa adalah berdasarkan data cakupan program UKM Kesling dan pelayanan UKP Farmasi di tahun 2018 lebih tinggi daripada Puskesmas Watukapu dan Puskesmas Kota merupakan satu satunya Puskesmas terakreditasi Utama di Kabupaten Ngada sehingga dengan kaji banding yang dilakukan diharapkan cakupan pelaksanaan UKM khususnya di program Kesling serta UKP Unit Farmasi Puskesmas Watukapu akan semakin meningkat," ungkap Martin, kepada POS KUPANG.COM, Kamis (4/4/2019).

Ia mengatakan kaji banding tersebut diharapkan mendapatkan banyak masukan sehingga ada hal baru yang akan diterapkan di Puskesmas Watukapu.

Renungan Harian Katolik Kamis 4 April 2019:Menjadi Saksi Kasih dan Kebenaran

Perempuan yang Ditemukan di Pantai Kanatang Sudah Dikembalikan Ke Keluarga

Piala Presiden 2019- Djanur Akan Tegur Dzhalilov meski Antarkan Persebaya Raih Kemenangan

Sementara Ketua tim kaji banding Puskesmas Watukapu, Ns. Fredo Rangga, S.Kep, mengungkapkan sebelum melaksanakan kaji banding ke Puskesmas Kota telah dilakukan identifikasi awal terkait cakupan program, serta melakukan pertemuan pertemuan-pertemuan persiapan kaji banding ini.

Ns. Fredo menjelaskan adapun persiapan yamg dilakukan adalah pertama, membuat kerangka acuan kegiatan (KAK) kaji banding, kedua, membuat instrumen studi kaji banding. Ketiga, membuat surat permohonan kaji banding ke Puskesmas Kota. Kempat, melakukan rapat pemantapan tim kaji banding sebelum dilakukan kaji banding.

"Selanjutnya berdasarkan hasil kaji banding akan segera disusun laporan hasil pelaksanaan kaji banding, hasil akan dianalisa oleh tim dan program terkait, dan dibuatkan RTL perbaikan kinerja dan selanjutnya berdasarkan RTL tersebut akan dilakukan perbaikan kinerja," ujarnya.

Pemilihan Wagub DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Uno Molor Lagi, PKS Pasrah

Caleg PSI Ditangkap Polisi, Diduga Gelapkan Uang Koperasi

Ia menyebutkan tim kaji banding Puskesmas Watukapu dengan komposisi, kepala Puskesmas Watukapu, Ketua Tim Kaji banding, Ketua Tim Mutu Puskesmas, ketua Pokja Admen, Ketua Pokja UKP dan ketua Pokja UKM, Pengelola Kesling Puskesmas, Pengelola Pelayanan Farmasi serta Driver.

Kepala Puskesmas Kota, Vinsensius Toda, A.Md.Kep, mengatakan Kaji Banding adalah proses belajar bersama, proses sharing ilmu bersama, sehingga kita akan terus berbenah untuk perbaikan pelayanan Puskesmas yg lebih baik kedepannya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved