Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Anjlok Gara-gara Tiket Pesawat Mahal

Mahalnya harga tiket pesawat menyebabkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, terus menurun

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Anjlok Gara-gara Tiket Pesawat Mahal
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Salah satu pemandangan di Labuan Bajo dilihat dari ruas jalan Bukit Cinta. 

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Anjlok Gara-gara Tiket Pesawat Mahal

POS-KUPANG.COM- Mahalnya harga tiket pesawat menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, terus menurun.

"Betul pak wisatawan mancanegara dan Nusantara terus menurun berkunjung ke Labuan Bajo. Mahalnya harga tiket pesawat menjadi salah satu faktor penurunan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo," kata Ketua Pelaksana Harian ASITA Kabupaten Manggarai Barat, Donatus Matur kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2019).

Matur menjelaskan belum bisa diberikan persentase tentang penurunan wisatawan mancanegara dan Nusantara, tetapi kenaikan harga tiket memang menjadi salah satu faktornya. Menurut Matur, akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 kunjungan wisatawan sungguh sepi.

Sepi, Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo, Ini Pemicunya

"Kita sedang tunggu sehabis pemilu ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, Silvester Wangge yang dihubungi Kompas.com melalui telepon pada hari yang sama menjelaskan, saat ini kunjungan wisatawan agak sepi di Labuan Bajo karena belum musim orang Eropa berlibur.

"Orang Eropa berlibur itu pada Juni-Juli tiap tahunnya," katanya.

Khusus hotel dan restoran di Labuan Bajo, lanjut Wangge, masih dalam keadaan normal dihuni oleh wisatawan Nusantara dan sebagiannya wisman.

Ini Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Tiga Tahun Terakhir

"Terkait dengan harga tiket mahal, saya sering komunikasi dengan rekan-rekan di Bali masih ada penumpang yang memesan tiket dan juga dari jalur Jakarta-Surabaya-Labuan Bajo harganya masih bagus. Belum ada dampaknya bagi hotel dan restoran di Labuan Bajo yang berkaitan dengan mahalnya harga tiket," katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Menurun"

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Anjlok Gara-gara Tiket Pesawat Mahal,

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved