Berita Lifestyle

Sembuhkan Kanker dan Epilepsi, Inilah Ciplukan Tumbuhan Seribu Manfaat

Ciplukan atau Physallis Peruviana L adalah salah satu tanaman yang banyak kita temui di Indonesia.

Sembuhkan Kanker dan Epilepsi, Inilah Ciplukan Tumbuhan Seribu Manfaat
ilustrasi/grid.id
Ciplukan 

POS-KUPANG.COM|KUPANG-Ciplukan atau Physallis Peruviana L adalah salah satu tanaman yang banyak kita temui di Indonesia.

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak semusim, yang tergolong sebagai tanaman liar. Ciplukan bisa ditemukan di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek.

Seperti pinggir selokan, pinggiran rel kereta api, pinggir-pinggir kebun, dan lereng-lereng tebing sungai. Meski namanya terdengar begitu kental budaya nusantara, namun ciplukan merupakan tanaman yang berasal dari kawasan tropis Amerika.

Petugas Datangi Kantor Walikota- Pemkot KupangSegera Bayar Tamsil Petugas Kebersihan

Bahkan, buah ini tidak memiliki nama dalam bahasa Indonesia.
Justru dalam bahasa daerah banyak istilahnya, mulai dari ceplokan, keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram).

Ciplukan adalah sejenis tanaman yang berkhasiat obat. Selain daun, buah, batang dan akarnya pun punya daya menyembuhkan.

Buahnya berbentuk lentera, bila sudah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman. Sesuai dengan bentuknya yang mirip-mirip dengan buah-buah untuk lalapan seperti labu siam, dan terung, buah ini termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae (terung-terungan).

Ciplukan memiliki kandungan kimiawi seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid.

Lucinta Luna Diisukan Pernah Dekat dengan Richard Kyle, Barbie Kumalasari: Pernah Jalan Bareng

Kandungan kimiawi tersebut, seperti obat-obatan modern, telah diuji melalui proses laboratorium dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Sesuai dengan sifatnya, buah ini bisa menjadi analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), serta meredakan batuk.

Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan. Walaupun semua bagian dari Ciplukan mulai dari akar, daun, dan buah, bisa digunakan.
Ciplukan ini tidak mempunyai efek berbahaya termasuk racun sekalipun.

Halaman
123
Editor: Apolonia Matilde
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved