Sulis Usdoko Ajak Mahasiswa Unipa Kenali ’Core’ Kompetensi

Pemerinntah gelontorkan banyak uang untuk entrepreneur. Entrepreneur sangat penting hadapi industri 4.0 yang tanpa jarak dan waktu

Sulis Usdoko Ajak Mahasiswa Unipa Kenali ’Core’ Kompetensi
POS KUPANG/EUGINIUS MO'A
Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo, Sulis Usdoko. 

Sulis Ajak Mahasiswa  Unipa Kenali ’Core’ Kompetensi 

POS-KUPANG.COM|MAUMERE--Kuli ah  Umum  “Self Strong Leadership  sebagai  Pondasi Membangun Semangat Kewirausahaan dalam Perspektif  Revolusi Industri 4.0’ oleh Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo, Sulis Usdoko, Kamis (28/3./2019)  mampu membangkitkan  optimimisme mahasiswa   Universitas  Nusa Nipa  (Unipa) Maumere di  Pulau  Flores, Propins Nusa Tenggara  Timur    (NTT).

“Pemerinntah gelontorkan banyak uang untuk entrepreneur. Entrepreneur sangat penting hadapi industri 4.0   yang  tanpa jarak dan  waktu,” kata  Sulis, dalam  kuliah  yang diprakarasai oleh Unipa  dan  Kamar  Dagang dan  Industri  (Kadin) Sikka.

Sulis  mengatakan, akses modal  sekarang jauh  lebih cepat. Namun  modal bukan satu-satu-satunya.

Ia  mengajak mahasiswa  belajar sungguh-sungguh dan  kelak  menjadi  entrepreneur.   Menjadi  entrepreneur, pendapatan semakin  banyak dan  menjanjikan  kekayaan.

Ayu Dewi Bocorkan Rahasia Luna Maya: Baru Saja Ditembak Seorang Pria, Siapa ya?

Setelah Ditutup, Ruas Jalan Nasional Labuan Bajo - Ruteng Buka 24 Jam

Ini Manfaat Mengoleskan Ramu Bubuk Cabai Rawit dan Jahe pada Lutut Selama 20 Menit

Live Streaming & Sinopsis Drama Korea 100 Days My Prince Episode 5 Tayang Jumat (29/3) di Trans TV

“Saya sarankan punyai core competensi. Mahasiswa mesti tanyakan kepada diri sendiri saya kuat dimana. Jangan tunggu  jadi dulu. Core  kompetensi mesti diatas rata-rata bukan pintar-pintaran,”   tandas  Sulis.

Menurut  Sulis,  kalau  usaha  itu  dilakukan biasa-biasa  saja maka hasilnya  juga biasa saja, tetapi  kalau usaha  itu dilakukan dengan  kerja   yang luar biasa maka  hasilnya juga luar biasa.

“Kuliah jangan sekadar lulus. Pesan saya mumpung masih muda harus  berani  lakukan hal-hal yang luar biasa. Tetapkan core kompetensi kita mau jadi apa. Mindset kita harus berubah,”  tantang  Sulis. 

Setelah  memberikan  kuliah di Maumere,  Jamkrindo melakukan  kuliah umum  kepada mahasiswa  Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Jumat (29/3/2018).

Rilis  diterima  POS-KUPANG.COM, Kamis siang  menyatakan  kuliha umum menyongsong HUT  Perum Jamkrindo ke-49 tanggal  1 Juli melalui kegiatan Jamkrindo Peduli Pendidikan.

Menurut Sulis, menumbuhkan semangat kewirausahaan  terkait dengan kepemimpinan dan  perubahan lingkungan bisnis.

”Semangat berwirausaha harus terus didorong karena kewirausahaan itu mesti bisa menjawab persoalan dengan solusi yang berasal dari ide baru. Ada kesempatan, lalu menawarkan solusi dengan ide baru untuk menjawab persoalan,” ujar Sulis.

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, menurut Sulis sangat penting, termasuk perubahan lingkungan bisnis akibat revolusi industri 4.0.

”Perubahan lingkungan bisnis akan terus terjadi. Kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan akan menentukan eksistensi usaha. Ke depan, perubahan lingkungan harus dianggap sebagai sesuatu yang biasa, tetapi yang paling penting adalah respons dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis tersebut,” kata Sulis. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo’a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved