Opini Pos Kupang

Opini Pos Kupang : Dona Nobis Pacem (Refleksi Untuk Umat Kristiani NTT Menuju Pilpres)

Mungkin amat sulit dipisahkan. Dalam arti semakin orang beriman, semakin besar pula tanggunjawabnya terhadap keadilan dan kesejateraan sosial

Opini Pos Kupang : Dona Nobis Pacem (Refleksi Untuk Umat Kristiani NTT Menuju Pilpres)
Tribun Sumsel
Pekerja sedang melakukan pelipatan suara pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014 di kantor KPU kota Palembang, Rabu (25/6/2014). Sebanyak 1.166.894 Surat suara dan 2 persen Surat suara cadangan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ditargetkan selesai paling lama tiga har 

Dona Nobis Pacem
( Refleksi Untuk Umat Kristiani NTT Menuju Pilpres )
Oleh : Gabriel Adur
Rohaniwan di Keuskupan Agung Muenchen-Freising, Jerman

IMAN dan politik. Keduanya memiliki pertautan erat.

Mungkin amat sulit dipisahkan. Dalam arti semakin orang beriman, semakin besar pula tanggunjawabnya terhadap keadilan dan kesejateraan sosial. Memperjuangkan kebaikan bersama (bonum commune)

Tanggung jawab menciptakan dunia yang adil dan sejahtera (option for the life and mankind). Termasuk dalam praksis iman: orang menjadi lebih sosial dan bukan asosial (pencipta kerusuhan, kekerasan dan teror atas nama agama).

Kultur -Politik

Kembali kepada kebijaksanaan-kebijaksanaan hidup Yesus, kita akan berhadapan dengan sebuah praxis iman yang nyata, ketika saya lapar, dan kamu memberi aku makan, ketika saya haus, dan kamu memberi aku minum.

Ketika saya sebagai orang asing dan tak punya rumah, kamu memberi aku penginapan. Ketika saya sakit dan kamu mengunjungi aku. Ketika saya di penjara kamu melawati aku", ( Mat 25, 35).

Iman akan Allah yang Adil, Maha Kasih dan Maha Baik mengandaikan adanya keberpihakan pada sesama. Keberpihakan pada budaya hidup.

Bermuara pada kebijaksanaan biblis di atas Mahatma Gandhi melihat politik tak lain sebagai hal yang bukan dijiwai oleh kekerasan.

Melainkan sebuah dimensi sosial yang melawan segala bentuk ketidakadilan dan kekerasan itu sendiri.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved