Kembangkan Bawang Merah Atasi Kekeringan

Pengembangan klaster bawang diinisiasi oleh Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willy Lay dan J.T Ose Luan, sebagai solusi untuk mengatasi dampak dari keke

Kembangkan Bawang Merah Atasi Kekeringan
ISTIMEWA
BAWANG MERAH -- Pameran Klaster bawang merah Fatuketi pada Hari Perbatasan.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pengembangan klaster bawang diinisiasi oleh Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willy Lay dan J.T Ose Luan, sebagai solusi untuk mengatasi dampak dari kekeringan panjang-El Nino.

Kegiatan itu dilakukan untuk mengantispasi sekaligus memberi contoh bagi masyarakat yang mengalami gagal tanam panen dan jagung.

Konsultan PUMKM BI NTT, Yosef Boli Sura kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan pengembangan klaster bawang merah tuk-tuk ini dilakukan di dua Desa yakni Desa Dualaus dan Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak dengan koordinator, Siprianus Bere Loe.

Ia menceritakan awalnya ada 10 kelompok tani yang bergabung dalam
klaster bawang merah.

Pada tahun 2018 tinggal 7 kelompok tani, yaitu Sehati, Rukun Atap, Sahabat group A dan B, Moris Foun, Cinta Sahabat dan Satu Hati. Dengan jumlah anggota 40 orang dari sebelumnya 251 orang.

"Secara sosial setiap anggota kelompok dan antar kelompok sudah saling mengenal satu sama lain karena semua mereka berasal dari satu wilayah administratif desa yang berdekatan dan memiliki hubungan keluarga karena
perkawinan," tuturnya.

Sedangkan, lanjutnya, untuk aspek produksi total luas lahan yang dimiliki oleh 7 kelompok ini kurang lebih 7 ha. "Benih diberikan oleh Pemda Belu, jenisnya tuk-tuk," ujarnya.

Bakery Hypermart Tawarkan Harga Spesial dan Diskon 10 Persen

Ia mengatakan persemaian menggunakan dua model yaitu pertama, model persemaian di bedeng persemaian, setelah itu baru dipindahkan
ke bedeng-bedeng utama.

Kedua, model langsung menanam benih di bedeng-bedeng utama, tanpa melalui proses persemaian. Kapasitas produksinya 3-4 ton.

Dalam pengembangan klaster bawang merah, Kantor Perwakilan BI NTT bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Belu, Bulog, dan Perbankan - Bank NTT. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved